Sukses

Covid-19 Melandai, Biaya Perjalanan Dinas Melonjak di Januari 2022

Biaya perjalanan dinas kementerian/lembaga di awal tahun meningkat signifikan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan biaya perjalanan dinas kementerian/lembaga di awal tahun meningkat signifikan. Per Januari biaya perjalanan dinas naik 69,1 persen, yakni sekitar 400 miliar dari yang sebelumnya hanya sekitar Rp 200 miliar.

"Ada yang menonjol yaitu perjalanan dinas, Rp 0,4 triliun pada Januari tahun ini dibandingkan tahun lalu Rp 0,2 triliun," kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KiTa, Jakarta, Selasa (22/2).

Dia menjelaskan peningkatan yang signifikan ini karena pada bulan Januari kondisi penyebaran Covid-19 relatif rendah. Sehingga banyak kementerian/lembaga yang melakukan perjalanan dinas. Sementara pada tahun 2021, kasus Covid-19 meningkat pasca libur natal dan tahun baru 2020.

"Terjadi kenaikan 69 persen karena pada Januari kemarin situasi Covid-19 relatif sangat rendah," kata dia.

Meski begitu, realisasi belanja barang relatif sama dengan tahun sebelumnya yakni Rp 3,3 triliun. Tidak jauh berbeda dengan realisasi tahun lalu sebesar Rp 3,5 triliun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Realisasi Belanja Barang

Realisasi belanja barang sebagian untuk barang-barang operasional terutama Kementerian Pertahanan (sekitar Rp 800 miliar) Polri (sekitar Rp 630 miliar), Kemendikbud (sekitar Rp 600 juta) dan Kemenkeu (sekitar Rp 200 miliar). Belanja tersebut digunakan untuk pelayanan perkantoran, publik dan dari sisi keamanan.

"Realisasi belanja ini lebih rendah terutama karena kegiatan pemeliharaan dan belanja lebih rendah," kata dia.

 

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.