Sukses

Luhut Minta Kalangan Anti Vaksin Tanggung Jawab soal Korban Meninggal Covid-19

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, berang terhadap orang-orang yang kerap menyebar pesan anti vaksin.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, berang terhadap orang-orang yang kerap menyebar pesan anti vaksin.

Menurutnya, kelompok tersebut harus bertanggung jawab terhadap angka kematian akibat Covid-19 lantaran tidak mendapat vaksinasi.

"Saya mohon orang-orang yang dirinya menganjurkan jangan vaksinasi, Anda tuh bertanggung jawab di komunitasmu kalau ada orang yang meninggal karena tidak divaksin," tegur Luhut dalam sesi teleconference, Senin (7/2/2022).

Berdasarkan data yang dipegangnya, sebanyak 69 persen dari total 356 pasien korban meninggal Covid-19 varian omicron memang lantaran belum mendapat vaksinasi lengkap.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 42 persennya merupakan pasien yang memiliki komorbid, dan 44 persen lainnya kelompok masyarakat lanjut usia atau lansia.

"Mayoritas pasien dirawat berat, kritis, dan meninggal dunia adalah para lansia. Jadi saya mohon, kalau Anda lansia dan belum vaksin, cepat-cepat vaksin sana," pinta Luhut.

"Ini betul-betul kami himbau. Supaya ibu/bapak sekalian jangan mendengarkan masukan-masukan tidak jelas itu. Kita bicara data, dan keselamatan Anda dan keluarga dan sekeliling," tegasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Omicron Makin Ganas, Luhut: Tingkat Kematian Lebih Kecil Dibanding Delta

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mencermati pertambahan kasus Covid-19 akibat varian omicron yang semakin hari makin membesar di tingkat nasional.

Namun, Luhut menilai angka penyebaran tersebut relatif masih dapat lebih teratasi ketimbang kasus Covid-19 varian delta pada paruh kedua tahun lalu.

 "Kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia meningkat sangat pesat. Namun secara umum dampak terhadap rumah sakit dan kematian secara keseluruhan relatif masih lebih kecil dibandingkan dengan delta," ujar dia dalam sesi teleconference, Senin (7/2/2022).

Luhut mencontohkan, kenaikan kasus di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten meningkat sangat pesat. "Namun perawatan rumah sakit dan kematian masih relatif rendah dan kecil dibandingkan gelombang delta," imbuhnya.

Kendati begitu, ia memberi perhatian khusus lebih kepada Bali yang mengalami tren penambahan kasus melebihi puncak delta.

"Tapi angka keterisian rumah sakit juga meningkat, tapi masih dalam coordinate line," sambung Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luhut Binsar Pandjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia.
    Luhut Binsar Pandjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia.

    Menko Luhut

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

  • Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh.

    Vaksinasi

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron