Sukses

Gelombang 23 Segera Dibuka, Ini Syarat Daftar Kartu Prakerja

Berikut adalah beberapa syarat mendaftar Program Kartu Prakerja.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia tengah menanti pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23. Meski belum diketahui jadwal pasti dibukanya gelombang 23, para calon peserta  memerhatikan terlebih dahulu syarat daftar kartu prakerja. 

Dikutip dari laman Prakerja.go.id, Jumat (4/2/2022), Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program ini pun terbuka bagi masyarakat penyandang disabilitas.

 Berikut adalah syarat mendaftar Program Kartu Prakerja :

1. WNI berusia 18 tahun ke atas.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.

5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mendaftar Lebih Mudah Sebelum Pembukaan Gelombang 23

Pendaftaran Program Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan melalui website www.prakerja.go.id.

Masyarakat yang berminat untuk mendaftar pun disarankan untuk membuat akun terlebih dahulu, sambil menanti dibukanya pembukaan Gelombang 23.

"Silakan Sobat Prakerja membuat akun, sembari menunggu pengumuman pembukaan Gelombang 23," kata Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Hengki Sihombing, dikutip Jumat (4/2/2022).

"Pada saatnya nanti Gelombang 23 dibuka, Sobat Prakerja yang telah memiliki akun tinggal klik ‘Gabung Gelombang’ untuk mengikuti seleksi, tanpa harus lagi mengisi kelengkapan administrasi serta rangkaian tes awal," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.