Sukses

Jokowi Resmikan Tol Binjai-Stabat Langsa, Harga Jeruk Karo Makin Murah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Binjai Langsa

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Binjai Langsa, sekaligus dilakukan penandatanganan Kontrak Manajemen terkait PMN 2021 dan 2022, Jumat (4/2/2022).

Turut hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimuldjono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, serta jajaran terbatas lainnya.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim jalan tol Binjai Langsa seksi 1 Binjai Stabat pada pagi hari ini saya resmikan. Alhamdulillah hari ini ruas jalan tol Binjai Langsa seksi 1 Binjai Stabat sepanjang 11,8 km Alhamdulillah telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas,” kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, ruas jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol Binjai Langsa sepanjang 131 km, dan jika sudah rampung seluruhnya jalan tol ini akan menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Selain itu, jalan tol Binjai-Stabat juga menjadi bagian dari jalan tol Trans Sumatera yang akan menyambung dari Lampung sampai ke Aceh.

Lebih lanjut, Jokowi optimis, jalan nasional yang terkoneksi tersambung antar provinsi akan menghubungkan sentra-sentra produksi, daerah-daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan membuka peluang usaha baru terutama yang berada di sekitar jalan tol.

“Tadi pagi baru saja saya melihat sentra produksi jeruk di Kabupaten Karo. Kalau jalan tol ini dihubungkan dengan sentra-sentra produksi seperti itu, dihubungkan dengan kawasan pariwisata, dihubungkan dengan kawasan pertanian, dihubungkan dengan kawasan perkebunan,” ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ongkos Logistik Turun

Jika infrastruktur jalannya sudah bagus dan mulus, maka akan memberikan dampak positif pada struktur biaya dan terhadap harga komoditas yang dikembangkan masyarakat di Karo yaitu jeruk.

“Jalan desanya kita perbaiki untuk menuju Jalan Utama ke sini. Harga jeruk yang akan menjadi sangat kompetitif, Saya berani menjamin tidak akan kalah harganya dibandingkan dengan harga-harga impor,” ujarnya.

Selain kecepatan dalam konektivitas antar Kabupaten dan Antar Provinsi, jalan ini juga akan mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara. Misalnya kawasan wisata Bukit Lawang di Bahorok, kawasan wisata tangkahan, kawasan wisata rohani Tuan Guru di Tanjung Pura Langkat.

“Dan ini kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah. Potensi-potensi yang dikelola oleh masyarakat lokal. Saya yakin dengan kemajuan infrastruktur ini kita akan bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah,” pungkas Jokowi.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.