Sukses

Sandiaga Uno: Event Berskala Internasional jadi Lokomotif Kebangkitan Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tengah menyiapkan gelaran berskala internasional di 2022. Tentu saja, gelaran ini dikemas dengan kekuatan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan penerapan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Sandiaga Uno menjelaskan, gelaran bertaraf internasional ini memiliki banyak manfaat. Selain mendorong kebangkitan ekonomi juga akan membuka banyak lapangan kerja.

"Tahun ini kita fokuskan untuk kebangkitan ekonomi. Event berskala internasional akan menjadi lokomotif untuk penciptaan kegiatan dan geliat ekonomi baik di Jakarta maupun nusantara," kata Sandiaga Uno, dalam keterangan tertulis, Rabu (26/1/2022).

Beberapa event tersebut diantaranya adalah penyelenggaraan MotoGP Mandalika, Presidensi G20, juga World Conference on Creative Economy.

Sandiaga mencontohkan penyelenggaraan World Superbike di Pertamina Mandalika International Circuit pada November 2021 yang menghadirkan dampak turunan sangat besar terhadap sektor-sektor lain.

Seperti tingkat hunian hotel di Lombok yang mencapai 62,4 persen (tertinggi sejak pandemi) dan mencapai 100 persen pada tanggal pelaksanaan (18 hingga 21 November 2021). Jumlah tenaga kerja yang terserap juga mencapai 3.000 orang dengan revenue dari sektor makanan dan minuman, hiburan, souvenir mencapai Rp6,75 miliar.

"Di Mandalika NTB kami (akan) menyelenggarakan MotoGP, dan itu terlihat dampak yang luar biasa untuk masyarakat setempat terutama UMKM-UMKM ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat," kata Sandiaga.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jangan Terjebak Polemik

Ia pun mengajak masyarakat dan berbagai pihak untuk terus mendukung berbagai penyelenggaraan event internasional di Indonesia dan tidak terjebak dalam polemik-polemik yang ada. Seperti penyelenggaraan Formula E dimana sedang dilakukan tender ulang pembangunan sirkuit.

"Saya mengajak kita semua untuk tidak berpolemik, keputusan akhirnya kita doakan yang terbaik karena setiap kegiatan itu menurut saya akan menimbulkan satu geliat ekonomi, tapi jangan kita terjebak dalam kegaduhan, kita berikan dukungan yang terbaik," kata Sandiaga.

"Keputusan akhir ada di penyelenggara. Tapi seandainya tidak diselenggarakan, tentunya harapan kita bahwa kebangkitan ekonomi kita dengan adanya G20, dengan adanya MotoGP, dengan adanya World Conference on Creative Economy yang tetap akan dilaksanakan itu mudah-mudahan bisa terus membangkitkan momentum kepulihan ekonomi kita," ujar Sandiaga.