Sukses

Persolek Mandalika buat Ajang MotoGP, Duit Dikucurkan Rp 576 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mengalokasikan Rp 576,8 miliar untuk Penataan Kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka menyambut event MotoGP tahun 2022.

Ini diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono mengalokasikan dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR melansir Antara di Jakarta, Selasa (25/1/2022).

"Penataan Kawasan Mandalika di NTB dengan alokasi sebesar Rp 576,8 miliar untuk menyambut event balap motor internasional MotoGP," ujar dia.

Besaran dana tersebut meliputi Pembangunan Tahap II Jalan Bypass BIL - Mandalika, pelebaran Jalan Kuta – Keruak.

Selain itu Penataan Kawasan Mandalika juga meliputi penataan koridor Kawasan Mandalika, serta pembangunan pengendali banjir Kawasan Mandalika.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penataan Jalan Bypass BIL - Mandalika dalam rangka menyambut MotoGP 2022 harus mengedepankan estetika melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan sehingga lebih ramah lingkungan dan bisa menjadi contoh jalan nasional yang baik.

Penataan koridor Jalan Bypass BIL-Mandalika meliputi penanaman rumput dan pohon, antara lain bougenvile, tabebuya, ketapang kencana, dan pule di median jalan.

Selanjutnya penanganan jalur lambat melalui pengurukan tanah, penanaman rumput dan pohon, seperti jenis trembesi, angsana, pule, dan jati.

Jalan Bypass BIL - Mandalika sepanjang 17,3 km telah selesai dibangun dan dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran event Superbike pada November 2021 lalu.

Penataan Mandalika untuk ajang MotoGP dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat, Ditjen Bina Marga melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan, termasuk frontage, bahu dan drainasenya.

2 dari 2 halaman

2 Kasus Omicron Muncul di NTB, Kapolda Jamin Gelaran MotoGP Gas Terus

Meski dua kasus Covid-19 Omicron terkonfirmasi muncul di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kapolda NTB  Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan, temuan itu tidak akan mengubah rencana gelaran akbar MotoGP, yang akan berlangsung 20 Maret 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

"MotoGP tetap akan berlangsung sesuai jadwal sebab sejauh ini tidak ada skenario perubahan," katanya dikutip Antara, Senin (24/1/2022).

Pernyataan itu disampaikan Djoko saat ditemui di RSUD Kota Mataram seusai rapat koordinasi percepatan cakupan vaksinasi di NTB, menanggapi adanya temuan dua kasus positif Covid-19 varian Omicron di NTB dan keduanya terindikasi tertular transmisi lokal.

Dikatakan, temuan dua kasus positif varian Omicron tersebut menjadi cambuk bersama terutama agar Satgas Covid-19 dan masyarakat tetap waspada serta tidak panik dengan temuan kasus tersebut.

Intinya, masyarakat harus tetap tenang dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, melalui gerakan 5M (mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi) serta melakukan vaksinasi Covid-19.

"Kami dari kepolisian ada kegiatan pengetatan prokes dan itu akan kita laksanakan. Intinya waspada," katanya lagi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.