Sukses

Erick Thohir Ungkap Rahasia Sukses Jadi Pemimpin

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan kunci sukses menjadi pemimpin bagi generasi muda Indonesia. Erick Thohir menekankan untuk bisa kesuksesan tidak bisa dilakukan sendiri.

Berdasarkan pengalamannya, kesuksesan hanya dapat diraih dengan dukungan dan bekerjasama dengan orang lain. “Kita itu bisa sukses karena didukung oleh banyak orang,” jelas Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/1/2022).

Selain itu, Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini juga menjelaskan tiga aspek utama yang harus dimiliki agar bisa menjadi pemimpin sukses di masa depan. Aspek pertama adalah memiliki tim yang solid di bawah kepemimpinan.

“Kita penting membentuk tim yang bisa mendukung kita. Tim ini harus sesuai dengan kebutuhan daripada mission-nya,” ungkap Erick.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tujuan

Setelah memiliki tim, lanjut Erick, seorang pemimpin harus bisa memetakan apa yang akan menjadi tujuan dari pada misinya. Menurutnya, agar sebuah tim memiliki tujuan dan misi yang jelas harus memiliki data serta fakta yang akurat, bukan berdasarkan perasaan atau praduga.

“Yang kedua setelah bentuk tim yang kuat, kita petakan tujuannya kemana. Nah kita harus melihat itu dengan data dan fakta,” terang Erick.

Terakhir, setelah membentuk tim dan memetakan tujuannya, Erick menyampaikan seorang pemimpin harus bisa menjadi mentor untuk memotivasi. Erick mengatakan pemimpin yang baik tidak hanya bisa menyuruh saja namun juga harus bisa membuktikan menguasai pekerjaan yang dilakukan.

“Yang ketiga sebagai pemimpin, kita harus jadi mentor yang baik. Kita harus contohkan yang baik, kita harus kasih lihat juga kalau kita kerja, bukan hanya nyuruh-nyuruh. Ketika kita harus gulung tangan, harus gulung. Kita harus enggak tidur, harus enggak tidur, itu kuncinya,” pungkas Erick.