Sukses

Kopi Kenangan Jadi Unicorn, Sandiaga Uno Pamer Ucapan dari Nasdaq

Liputan6.com, Jakarta Kopi Kenangan tercatat telah menjadi bagian dari Unicorn di Indonesia usai nilai valuasinya mencapai USD 1 miliar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan kebanggaan ada produk dalam negeri yang menjadi perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara. 

Dia pun memamerkan ucapan selamat dari Nasdaq untuk Kopi Kenangan. "Pecinta Kopi Kenangan, mana suaranya..?? Kopi Kenangan baru saja menjadi Unicorn kategori F&B (makanan dan minuman) pertama di Asia Tenggara dengan nilai valuasi menembus US$ 1 miliar. Bangga dengan produk karya anak bangsa!” kata Sandiaga, dikutip dari akun Instagram @sandiuno, Kamis (6/1/2022).

Sandiaga Uno mengunggah foto iklan di billboard besar yang bertuliskan “Nasdaq Congratulates, Kopi Kenangan As The First New Retail F&B Unicorn in South East Asia!”

Sandiaga Uno juga mengaku bangga karena gerai Kopi yang berdiri pada 2017 ini telah menciptakan 3.000 lapangan kerja, dengan jumlah 600 gerai yang tersebar di 45 kota di Indonesia.

“Dari sejak didirikan, Kopi Kenangan telah berhasil menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 3.000 karyawan, dengan 600 gerai tersebar di 45 kota di Indonesia. Keren!” ucapnya.

Menteri yang jago berpantun ini juga mengapresiasi tim dari Kopi Kenangan yang terus berinovasi menggunakan digitalisasi dalam mengembangkan usaha melalui penciptaan aplikasi.

“Apresiasi karena Kopi Kenangan terus berinovasi dan menjadi bagian dari digitalisasi. Selama satu tahun terakhir, aplikasi Kopi Kenangan tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia,” tulis Sandiaga Uno.

 

2 dari 2 halaman

Raih Pendanaan Terbaru

Kopi Kenangan mengumumkan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai USD 96 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun. Dari pendanaan itulah Kopi Kenangan mampu mencatatkan valuasi sebesar USD 1 miliar.

Pendanaan Seri C dipimpin Tybourne Capital Management, diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru, yaitu Falcon Edge Capital.

Pendanaan diperoleh setelah Kopi Kenangan menetapkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik yang tinggi, termasuk dari beberapa portofolio barunya, seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

Sepanjang tahun 2021, Kopi Kenangan telah menyajikan 40 juta cangkir kopi dalam 12 bulan terakhir dan diharapkan melayani 5,5 juta cangkir per bulan pada Q1 2022.