Sukses

Presiden Jokowi Diminta Berantas Mafia Alat Kesehatan

Ratusan karyawan perusahaan produsen Alat Kesehatan (Alkes) menggelar aksi demonstrasi di depan Istana Presiden Jakarta, Senin (13/12).

Liputan6.com, Jakarta Ratusan karyawan dari Bogor, Depok dan Jakarta yang berasal dari lima perusahaan produsen Alat Kesehatan (Alkes) dalam negeri khususnya alat swab antigen menggelar aksi demonstrasi di depan Istana Presiden Jakarta, Senin (13/12/2021).

Dalam aksinya, mereka mengajak segenap rakyat Indonesia mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) dengan cara bangga dengan produk buatan lokal, terutama Alkes.

"Mari kita dukung komitmen Pak Jokowi agar senantiasa bangga dengan produk buatan sendiri. Saya kira, ini bentuk nyata dukungan pemerintah menciptakan lapangan kerja dengan memakai barang lokal Alkes ini," ujar Koordinator Aksi Luthfi Wicaksono saat menggelar aksi demonstrasi di depan Istana Presiden Jakarta, Senin (13/12/2021)

Kelima perusahaan yang menggelar aksi ini yakni PT Taishan Alkes Indonesia, PT Sri Tita Medika, PT Tjahaya Inti Gemilang, PT Intertekno Grafika Sejati dan PT Penjalindo Nusantara.

Tak hanya itu, aksi ini juga didukung Koalisi Masyarakat Pekerja Alkes Lokal.

Selain mendukung GERNAS BBI, para demonstran juga menyerukan agar pemerintah memberantas mafia Alkes dan mafia import dengan menolak memakai barang import.

"Kalau pemerintah memiliki 'political will' yang kuat, harusnya Alkes seperti alat swab antigen ini tidak perlu impor, karena Alkes impor itu harganya sangat mahal," tegasnya.

Apalagi, Alkes tersebut dapat diproduksi didalam negeri. Karena itu, mereka meminta Presiden Jokowi agar lebih tegas ke bawahan sehingga lebih mengutamakan alat swab antigen lokal ketimbang barang impor.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demi Industri Dalam Negeri

Hal ini sangat penting demi kelangsungan hidup industri dalam negeri. Dia menegaskan, dampak ketidakberpihakan pemerintah terhadap industri lokal, banyak perusahaan yang gulung tikar. Hal ini disebabkan pasar Alkes Indonesia dibanjiri produk impor.

“Jujur kami sampaikan, masa depan perusahaan tempat kami bekerja terancam akibat masih banyaknya alat swab antigen impor yang digunakan dan beredar di pasaran. Dan kami karyawanpun terancam di PHK,” tegasnya.Ditempat yang sama, salah seorang orator, Sahala Pohan menegaskan, keberpihakan pemerintah kepada barang import Alkes merugikan industri nasional.

Hal ini jelas mengorbankan industri Alkes lokal.

“Untuk itu, kami meminta perhatian Presiden Jokowi agar benar-benar memperhatikan nasib industri lokal ini,” ujarnya.

Sebenarnya kata dia, momentum covid-19 ini harus dipakai untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas Alkes nasional.

Hal ini sekaligus menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia bangga dengan produk buatan sendiri.

Namun anehnya, pemerintah sibuk impor barang Alkes yang bisa diproduksi dalam negeri.

"Dan ini akhirnya kita akan mundur 25 tahun ke belakang," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Alat kesehatan disebut pula sebagai peralatan medis yang dibutuhkan oleh seorang tenaga kesehatan dalam menangani pasien.

    Alat Kesehatan

  • Alkes