Sukses

Kepala Bappenas Perkirakan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5 Persen di Kuartal IV 2021

Ekonomi Indonesia harus segera kembali ke level sebelum pandemi Covid-19 menerjang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa yakin ekonomi Indonesia akan tumbuh 5 persen di kuartal IV 2021. Keyakinan ini dengan melihat realisasi yang telah dibukukan sebelumnya.

"Mudah-mudahan angkanya benar itu jadi kita dahului dengan BPS," kata Suharso Monoarfa, dalam Webinar Membangun Optimisme Baru untuk Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, di Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Suharso menjelaskan, ekonomi Indonesia harus segera kembali ke level sebelum pandemi Covid-19 menerjang. Oleh karena itu, dibutuhkan kebijakan percepatan pemulihan ekonomi.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sri Mulyani Kejar Ekonomi Tumbuh 4 Persen di 2021

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai di atas 5 persen (year on year/yoy) pada kuartal IV-2021. Dengan target pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional pada kisaran 3,5 sampai 4 persen di akhir tahun.

"Karena (pertumbuhan ekonomi) kita kuartal I-2021 hanya 0,7 atau minus - 0,7 persen. Dan kuartal ketiga hanya di 3,5 persen," jelas Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KiTa, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Proyeksi pertumbuhan ekonomi bisa mencapai level 4 persen sepanjang tahun ini dipicu beberapa katalis yang tumbuh positif. Seperti konsumsi masyarakat diperkirakan akan terus menguat seiring dengan kondisi pandemi yang kian melandai.

Faktor lainnya, aktivitas investasi relatif stabil di masa puncak varian delta dan akan berlanjut di kuartal IV-2021. Selain itu, net ekspor diperkirakan masih melebar pada kuartal keempat tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.