Sukses

Kepala PPSDM Geominerba Tanam Bibit Pohon Bahan Pewarna Batik di Gunung Sewu

Penanaman sebanyak 20 pohon yang terdiri dari jolawe, mengkudu, dan secang ini diharapkan dapat merubah wilayah yang tandus menjadi lebih hijau.

Liputan6.com, Jakarta Kepala PPSDM Geominerba Bambang Utoro mengikuti rangkaian kegiatan Dekranas Goes to Geopark. Usai mengikuti acara pembukaan Diklat Pengembangan UMKM di Kawasan UGGp Gunung Sewu. 

Di acara ini, Bambang Utoro ikut menanam pohon di Pendopo Mojo Arum, Desa Jarum, Klaten, pada Senin (25/10/2021).

Dia menanam pohon Jolawe yang merupakan tanaman yang dimanfaatkan untuk pewarna alami. Selain itu buah jolawe juga sering digunakan dalam pewarnaan alami batik.

Warna yang dihasilkan adalah warna coklat, Sehingga untuk dapat menghasilkan warna yang sempurna harus dilakukan pencelupan berulang kali.

Penanaman sebanyak 20 pohon yang terdiri dari jolawe, mengkudu, dan secang ini diharapkan dapat merubah wilayah yang tandus menjadi lebih hijau. Selain itu juga kedepannya dimanfaatkan untuk pewarnaan alami batik.

Keberadaan sumber daya alam di sekitar Unseco Global Geopark Gunung Sewu Desa Jarum, Kecamatan Bayat diharapkan bisa dimanfaatkan warga.

Kedepannya masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan warna alami yang berasal dari alam, salah satunya untuk pewarna motif batik.(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.