Sukses

Mobilitas di Tempat Rekreasi Naik, Orang Mulai Jarang Diam di Rumah?

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan selama bulan Oktober 2021, terjadi penurunan aktivitas di rumah menjadi 5,2 persen dari bulan sebelumnya 5,3 persen. Penurunan aktivitas ini berdampak pada peningkatan di beberapa tempat seperti ritel dan rekreasi.

"Mobilitas penduduk di rumah mulai ada penurunan, jadi aktivitas di rumah semakin sedikit," kata Margo di Jakarta, Senin (1/11).

BPS mencatat telah terjadi kenaikan aktivitas di di ritel dan rekreasi menjadi 4,4 persen. Angka ini lebih baik dari bulan sebelumnya yang mengalami terkontraksi.

"Tempat perdagangan retail dan rekreasi ini sudah diatas sumbu x yakni 4,4 persen yang artinya ada kenaikan," kata dia.

Mobilitas di tempat belanja kebutuhan sehari-hari juga mengalami peningkatan menjadi 24,6 persen. Angka ini lebih baik dibandingkan pada September 2021 yang masih di angka sekitar 20 persen.

Aktivitas di taman juga mengalami perbaikan dengan meningkat di angka 2,3 persen. Mobilitas di tempat transit juga mengalami peningkatan menjadi -19,4 persen dari sebelumnya -27,5 persen. Begitu juga dengan aktivitas di tempat kerja yang mengalami perbaikan dari semula -13,8 persen menjadi -13,1 persen.

"Tempat transit dan tempat kerja ini ada perbaikan tapi belum dalam kondisi normal," kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Aktivitas Masyarakat Membaik

Untuk itu, secara umum Margo menyimpulkan selama bulan Oktober kondisi aktivitas masyarakat sudah menunjukkan adanya perbaikan dibandingkan dengan pada September 2021.

"Artinya kondisi masyarakat ini menunjukkan adanya perbaikan dibandingkan September 2021," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.