Sukses

Cek Lagi Sisa Saldo Kartu Prakerja, Bisa Beli Pelatihan Lain

Apabila saldo pelatihan yang tersisa masih mencukupi, peserta Kartu Prakerja bisa menggunakannya kembali untuk membeli pelatihan lainnya setelah menyelesaikan pelatihan pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Batas waktu yang diberikan kepada peserta Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan pertama adalah 30 hari sejak dinyatakan lolos seleksi. Setelah pembelian pelatihan pertama, peserta diharapkan bisa mengecek kembali sisa saldo pelatihan.  

Apabila saldo yang tersisa masih mencukupi, peserta Kartu Prakerja bisa menggunakannya kembali untuk membeli pelatihan lainnya. Namun, jangan lupa untuk menyelesaikan pelatihan pertama terlebih dahulu.  

Peserta Kartu Prakerja mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta berbentuk kode 16 angka Nomor Kartu Prakerja.  

Melansir dari laman prakerja.go.id, Selasa (28/9/2021), sisa saldo pelatihan tidak dapat diuangkan. Oleh karena itu, peserta diimbau untuk menggunakan saldo pelatihan sebaik mungkin karena Kartu Prakerja hanya bisa diikuti satu kali seumur hidup.

Saldo pelatihan tidak bisa ditambah oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja.

Sebagai catatan, hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 21 yang menjadi pendaftaran terakhir Program Kartu Prakerja sudah diumumkan pada Rabu, 22 September 2021. Meskipun demikian, masih ada peluang untuk dibukanya kembali gelombang tambahan untuk mengisi kuota status kepesertaan yang dicabut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membeli Pelatihan

Pelatihan bisa dibeli melalui tujuh platform digital yang menjadi mitra resmi pemerintah, antara lain Bukalapak, MauBelajarApa, Pijarmahir, Pintaria, Karier.mu by Sekolah.mu, Tokopedia, dan Kemnaker (SISNAKER).  

Beberapa jenis pelatihan yang bisa dipilih peserta Kartu Prakerja, seperti cara berjualan melalui online, penggunaan aplikasi komputer, kursus bahasa, fotografi, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan sebagainya. Cek kembali jenis-jenis pelatihan pada platform digital masing-masing.

Bagi peserta yang ingin membeli pelatihan kedua, simak kembali cara untuk membeli pelatihan.  

1. Cek dashboard untuk melihat kode 16 angka Nomor Kartu Prakerja. Pastikan kembali jika saldo pelatihan sudah tersedia.

2. Bandingkan pelatihan di ketujuh platform digital.

3. Kemudian, pilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta.

4. Beli pelatihan tersebut dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja. Manfaatkan pelatihan sebaik-baiknya untuk mengembangkan kompetensi kerja.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.