Sukses

Pelonggaran PPKM, Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Uji coba anak usia di bawah 12 tahun boleh masuk mal ini diujicoba di beberapa daerah dengan kategori PPKM level III dan II.

Liputan6.com, Jakarta - PPKM diperpanjang. Namun dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini terdapat beberapa pelonggaran kebijakan seperti anak di bawah 12 tahun bisa masuk pusat perbelanjaan atau mal dengan pengawasan yang ketat.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, meskipun kasus Covid-19 mengalami penurunan tetap pemerintah tidak melakukan pelonggaran secara drastis. Untuk pekan ini, pemerintah akan memperbolehkan anak di bawah usia 12 tahun masuk ke pusat perbelanjaan.

"Kami tidak akan melakukan perubahan drastis karena masih banyak yang tidak kita ketahui mengenai varian delta ini. kami mohon masyarakat Indonesia mengerti," ujarnya dalam konferensi pers online, Jakarta, Senin (20/9/2021).

Uji coba anak usia di bawah 12 tahun boleh masuk mal ini diujicoba di beberapa daerah dengan kategori level III dan II. Hal ini tentunya dengan pengawasan ketat orang tua.

"Akan dilakukan uji coba pembukaan mal bagi anak-anak di bawah 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua yang kami terapkan di Jakarta, Bandung, Semarang, DIY Yogyakarta dan Surabaya," jelasnya.

Selanjutnya, bagi zona hijau dan orange pemerintah memperbolehkan bioskop membuka layanan dengan kapasitas 50 persen. Terkhusus untuk level 3 dan 2 dengan kewajiban aplikasi PeduliLindungi.

"Liga II akan dibuka dengan maksimal 8 pertandingan per minggu. Kemudian restoran out door kawasan tempat olahraga dapat boleh buka. Kemudian perkantoran esensial boleh work from office (WFO) 25 persen," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan Pengusaha

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja meminta pemerintah untuk mempertibangkan kembali sarana bermain anak bisa untuk beroperasi. Ia menjamin, protokol ganda yang diterapkan di mal menjadi jaminan keamanan pusat belanja.

“Pusat Perbelanjaan berharap agar usia kurang dari 12 tahun dapat diperbolehkan untuk masuk ke Pusat Perbelanjaan,” katanya saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (20/9/2021).

Selain itu, ia juga meminta pemerintah untuk tak lagi membatasi waktu makan atau dine-in yang saat ini diberlakukan bagi restoran-restoran di lingkungan pusat perbelanjaan.

Kemudian, tempat hiburan juga jadi sorotan karena disebut mampu mendorong trafik pengunjung mal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.