Sukses

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 21 Ditutup, Ini Cara Cek Lolos atau Tidak di prakerja.go.id

Pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang 21 resmi ditutup Minggu (19/9/2021) pukul 23.59 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang 21 resmi ditutup Minggu (19/9/2021) pukul 23.59 WIB. Sebelumnya pembukaan dilakukan pada Kamis 16 September 2021).

Adapun Kartu Prakerja gelombang 21 hanya dibuka dengan kuota 754.929 orang. Program ini adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, serta pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Nantinya, peserta Kartu Prakerja 2021 yang lolos akan mendapatkan insentif yang hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama.

Insentif yang diberikan total senilai Rp 3,55 juta. Dengan rincian, peserta mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali. 

Begini tahapan cara memeriksa status kelulusan kepesertaan di Kartu Prakerja.

1. Dashboard Prakerja

Cek dengan masuk ke dashboard di laman prakerja.go.id, dengan login terlebih dulu menggunakan akun masing-masing.

Apabila tercantum keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, ini berarti proses seleksi sedang berjalan.

Bila dinyatakan lolos, nomor Kartu Prakerja akan tertera dan muncul status saldo pada dashboard akun.

Sedangkan jika tidak lolos, akan mendapatkan notifikasi pada dashboard dengan keterangan “Kamu Belum Berhasil”.

Bila dinyatakan lolos, peserta akan mendapatkan nomor Kartu Prakerja. Untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja, peserta diminta menonton 3 video yang telah disediakan.

Video tersebut berisi informasi dasar mengenai Kartu Prakerja, mulai dari mengenali tantangan di dunia kerja sampai penjelasan manfaat Kartu Prakerja.

Peserta dilarang untuk menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Proses tersebut harus dilewati agar peserta bisa mendapatkan nomor Kartu Prakerja dan saldo pelatihan.

"Kamu juga tidak dapat menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Apabila kamu mengalami kendala saat menonton video, kamu dapat menghubungi kami di Formulir Pengaduan," tulis laman Prakerja.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. SMS atau Pesan Singkat

Kelolosan kepesertaan Kartu Prakerja juga akan diumumkan melalui pesan singkat (SMS). Manajemen akan mengirimkan notifikasi melalui SMS kepada peserta yang lolos.

Nomor ponsel yang akan mendapatkan notifikasi adalah yang didaftarkan pada akun peserta. Untuk itu pastikan nomor yang dimasukkan ketika mendaftar telah benar dan masih aktif.

SMS ini akan diterima pada tanggal kelolosan saat sudah resmi diumumkan. Jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka dapat mengikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk yang ada.

Namun jika tidak lolos, jangan berkecil hati. Kamu bisa mengikuti pendaftaran gelombang selanjutnya.

"Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya," tulis Prakerja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.