Sukses

BERANI BERUBAH: Sedapnya Seafood Penyelamat Korban PHK

Ardian Guritno mendirikan sebuah restoran seafood di Kudus, Jawa Tengah untuk bisa membuka lapangan pekerjaan bagi warga yang terkena PHK.

Liputan6.com, Jakarta- Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak pemutusan kerja. Masyarakat dilanda kekhawatiran, takut tak bisa berpenghasilan. Salah satunya yang prihatin akan hal ini adalah Ardian Guritno.

Meski memiliki pekerjaan yang strategis di sebuah perusahaan ojek online, Ardian memutuskan untuk berhenti guna bisa membangun bisnis sendiri. Tujuan utamanya adalah agar bisa ikut membantu perekonomian warga yang terdampak PHK.

“Awalnya ada teman yang sharing ke saya bahwa dia dirumahkan, di-PHK dari tempat kerja dia sebelumnya di suatu restoran. Lalu karena rasa prihatin, rasa ingin bantu teman, maka saya berusaha buat kerjasama,” tutur dia kepada Tim Berani Berubah.

“Kolaborasi untuk bikin suatu usaha yang bisa merekrut banyak temen-temen yang terdampak pandemi Covid-19,” lanjutnya.

Ardian akhirnya mendirikan sebuah restoran seafood di Jalan Museum Kretek, Kabupaten Kudus pada 30 Mei 2020 lalu.

Menurutnya, seafood adalah pilihan makanan yang baik karena tak banyak yang menjualnya di daerah tersebut. Sehingga, dia bisa memiliki nilai saing.  

Selain itu, Ardian yakin bisnisnya ini bisa membuka lapangan pekerjaan bagi warga yang membutuhkan. Berkat restoran seafoodnya, dia kini memiliki 8 karyawan yang 6 di antaranya dulunya merupakan korban PHK akibat pandemi Covid-19.

“Sedangkan dua sisanya itu adalah anak-anak mahasiswa yang memang kondisinya harus belajar secara daring, jadi bisa diperbantukan untuk bekerja di tempat saya,” ungkap dia.

“Saya memutuskan bahwa saya harus fokus di bisnis ini, fokus untuk membantu teman-teman yang lain supaya mereka dapat pekerjaan yang lebih baik dari tempat mereka kerja sebelumnya,” sambung Ardian.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Niat Mulia yang Harus Ditiru

Ardian ingin terus berjuang menghadapi perubahan. Baginya, bila dia hanya terus menjadi seorang karyawan, maka dia tak bisa banyak berkontribusi untuk warga daerahnya yang terkena dampak pandemi.

“Bapak Ardian ini mulia ya. Pada saat pandemi ini beliau buka lapangan kerja bandar seafood ini untuk bagi para karyawan, karyawati, bapak ojek online yang kena PHK itu beliau tampung,” ungkap Amalia, salah seorang pelanggan restorannya.

“Ini harus ditiru gini kayak gini tuh bagus lah, tadinya untuk role model untuk pengusaha-pengusaha lain” lanjut Amelia.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTVIndosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.