Sukses

Rupiah Lanjutkan Penguatan, Investor Optimistis dengan Ekonomi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Selasa ini. Penguatan ini ditopang oleh optimisme para pelaku pasar.

Mengutip Bloomberg, Selasa (3/8/2021), rupiah dibuka di angka 14.375 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.422 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.365 per dolar AS hingga 14.376 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 2,32 persen.

Nilai tukar rupiah pada Selasa pagi bergerak menguat, dibantu sentimen perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra mengatakan, nilai tukar rupiah kemungkinan melanjutkan momentum penguatan pada awal pekan kemarin. Selain itu kebijakan PPKM yang meskipun berlanjut tapi lebih longgar, membantu penguatan rupiah hari ini.

"Kelihatannya investor cukup optimis dengan Indonesia. IHSG juga bergerak menguat pagi ini," ujar Ariston.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sentimen Global

Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan PPKM level 4 dari 3-9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten kota tertentu dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai dengan kondisi masing-masing daerah.

Presiden Joko Widodo menyampaikan, PPKM level 4 yang diberlakukan pada 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021 kemarin, telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya, baik konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan presentase keterisian tempat tidur pasien.

"Sementara itu pasar global masih mewaspadai laju kenaikan kasus COVID-19 yang bisa menahan penguatan rupiah," kata Ariston.

Ariston mengatakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 14.365 per dolar AS hingga 14.400 per dolar AS.