Sukses

8 Kebiasaan Agar Uang Tak Cepat Habis

Penganggaran membantu Anda mengetahui ke mana perginya uang Anda. Biasakan melacak pengeluaran.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan adalah pikiran dan tindakan yang dilakukan secara konsisten dan berulang-ulang. Namun, beberapa orang mengabaikan kebiasaannya itu.

Untungnya, kebiasaan dapat diubah dengan kesadaran, niat dan latihan, dan ini berlaku bahkan dengan masalah keuangan.

Mengutip laman Freemalaysiatoday.com, Selasa (22/6/2021), berikut 8 praktik untuk menuju kebebasan finansial:

1. Tetapkan tujuan yang bermakna

Tujuan keuangan bisa langsung atau kompleks, langsung atau jangka panjang. Anda mungkin ingin menyimpan jumlah tertentu dalam beberapa bulan, atau membuka rekening deposito tetap. Anda mungkin ingin melunasi hutang atau membangun portofolio investasi.

Pilih tujuan yang menambah nilai dalam hidup dan penting bagi Anda. Biasakan untuk sering memikirkannya. Tujuan dapat membantu Anda menentukan bagaimana merespons situasi dan membuat Anda tetap pada jalur dalam mengelola keuangan . Misalnya, haruskah Anda melakukan pembelian itu sekarang atau menyimpan uang untuk mencapai tujuan Anda?

2. Lacak pengeluaran Anda

Penganggaran membantu Anda mengetahui ke mana perginya uang Anda. Biasakan melacak pengeluaran Anda, meninjaunya, dan menyesuaikan anggaran sesuai kebutuhan. Ini mungkin terasa seperti tugas, tetapi begitu Anda mulai melakukannya, Anda akan dapat mengelola uang dengan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, dan tujuan Anda.

3. Tetap teratur

Biasakan merapikan kehidupan finansial. Data yang Anda kumpulkan harus disimpan dengan rapi. Nilai kembali tujuan Anda untuk memastikan bahwa itu relevan dan Anda berada di jalur yang benar. Buang gangguan yang tidak diinginkan.

4. Jangan berhenti belajar

Menumbuhkan kebiasaan belajar terus menerus. Baca buku tentang masalah keuangan; ikuti kepribadian terverifikasi di media sosial; mengikuti peristiwa terkini; dan berbicara secara terbuka dengan mereka yang memiliki minat keuangan yang sama. Maka Anda akan mempelajari berbagai teknik dan pendekatan yang digunakan orang lain, sambil menjaga motivasi Anda tetap tinggi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Beri peringkat prioritas Anda

Hidup terus berubah dan peluang datang dan pergi. Tujuan keuangan Anda, strategi manajemen investasi dan utang, dan rencana lainnya harus ditinjau secara teratur. Ubah urutan kepentingannya atau buang semuanya sesuai keinginan Anda.

6. Carilah keseimbangan

Biasakan mencari keseimbangan. Dalam arti keuangan, ini berarti memastikan Anda memiliki asuransi, perencanaan perumahan, keuangan pribadi dan sebagainya, dan bahwa Anda tidak menyukai satu prioritas sementara mengabaikan yang lain.

Jangan lupa tentang kehidupan pribadi Anda juga. Tanamkan kebiasaan introspeksi diri, apa yang membuat kamu senang? Apakah pencapaian tujuan Anda membawa kepuasan? Berapa biayanya, dan apakah itu berharga?

7. Belajar mengatakan tidak!

Untuk menjadi sukses, Anda perlu mengatakan "tidak" jika Anda sedang terburu-buru atau ditekan untuk melakukan sesuatu. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan jawaban Anda setelah menimbang pilihan Anda. Singkirkan godaan yang mungkin mengalihkan perhatian dari tujuan Anda; misalnya, menolak ajakan teman berbelanja hal yang tidak dibutuhkan.

8. Berlatih bersyukur

Hidup bisa berjalan cepat, dan hanya manusia yang melupakan masa kini. Biasakan meluangkan waktu dan merenungkan apa yang Anda syukuri. Jika Anda puas dengan apa yang Anda miliki, Anda akan dapat menggunakan uang Anda dengan lebih efisien.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.