Sukses

Jurus Cerdas Atur Duit Formula 50-30-20, Yuk Ditiru

Liputan6.com, Jakarta Mengelola keuangan dan menetapkan anggaran bulanan bisa jadi salah satu rutinitas yang menantang untuk dilakukan.

Namun, jika Anda kewalahan dengan harus memulai dari mana, strategi 50-30-20 dapat menyederhanakan prosesnya.

Rencana tersebut akan membagi pendapatan menjadi 3 kategori besar, yaitu kebutuhan, keinginan, serta tabungan dan investasi. 

Mengutip CNBC, Rabu (19/5/2021), berikut ini pembahasan lebih dekat untuk masing-masing kategori.

50 Persen dari gaji Anda harus digunakan untuk hal-hal yang dibutuhkan

Kategori ini mencakup semua biaya penting, seperti sewa, pembayaran hipotek, makanan, utilitas, asuransi kesehatan, pembayaran utang, dan pembayaran mobil.

Jika pengeluaran Anda yang diperlukan memakan lebih dari setengah pendapatan, mungkin perlu memotong biaya atau memotong dana yang Anda khususkan untuk hal-hal yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

20 Persen dari gaji harus digunakan untuk tabungan dan investasi

Kategori ini mencakup tabungan dalam fitur simpanan yang mudah dicairkan, seperti dana darurat dan tabungan pensiun, seperti 401 (k) atau Roth IRA di Amerika Serikat, dan investasi lainnya, seperti akun broker.

Para ahli biasanya merekomendasikan untuk memiliki jumlah uang tunai yang cukup dalam dana darurat Anda untuk menutupi biaya hidup antara tiga sampai enam bulan. Beberapa juga menyarankan untuk membangun tabungan darurat Anda terlebih dahulu, kemudian baru berkonsentrasi pada investasi jangka panjang.

Dan jika Anda memiliki akses ke akun 401 (k) melalui perusahaan Anda, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menghemat sebagian dari penghasilan Anda sebelum pajak.

30 persen dari gaji Anda harus digunakan untuk hal-hal yang Anda inginkan

Kategori terakhir ini mencakup semua yang tidak dianggap sebagai biaya penting atau esensial, seperti perjalanan, tarif subscriptions, makan di luar, belanja, dan hobi atau kesenangan.

Kategori ini juga dapat mencakup peningkatan kemewahan. Jika Anda membeli mobil yang lebih bagus daripada yang lebih murah, misalnya, itu masuk ke dalam kategori keinginan Anda.

Ingatlah bahwa tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua dalam pengelolaan uang, tetapi rencana 50-30-20 dapat menjadi tempat yang baik untuk memulai jika Anda baru dalam penganggaran dan bertanya-tanya bagaimana cara membagi pendapatan Anda.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini