Sukses

Baru Mulai Atur Keuangan? Coba Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta Hidup hemat berarti dapat mengendalikan keuangan pribadi dengan baik. Terkadang, ini terasa seperti pekerjaan yang menguras waktu terutama ketika Anda sibuk bekerja.

Tetapi ada beberapa cara sederhana untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran dengan cara yang mudah yang nantinya akan berpengaruh pada kesuksesan finansial Anda.

Melansir dari laman the balance, Senin (25/4/2021), panduan empat langkah ini akan membantu Anda menentukan kekayaan bersih, menetapkan tujuan keuangan, melacak pengeluaran, dan membuat anggaran.

1. Tentukan Kekayaan Bersih

Kekayaan bersih yakni total semua aset dikurangi kewajiban. Ini dapat memberi tahu banyak hal tentang kesehatan keuangan saat ini, dan itu juga dapat membantu untuk merencanakan masa depan keuangan Anda.

Kekayaan bersih adalah uang tunai yang akan dimiliki jika menjual semua yang ada dan melunasi semua utang. Saat membuat perhitungan kekayaan bersih, barang-barang yang dianggap sebagai aset yakni tabungan dan rekening koran, investasi (saham, obligasi, sekuritas, dan akun pensiun), kendaraan, perhiasan, dan barang berharga lainnya.

Item berikut adalah kewajiban yang harus diselesaikan yakni utang kartu kredit, saldo pinjaman pelajar, saldo yang tersisa pada hipotek atau pinjaman mobil, dan utang lainnya.

Setelah itu, tambahkan nilai aset, lalu jumlahkan nilai kewajiban. Kurangi kewajiban dari aset, dan jumlah yang didapatkan kembali adalah kekayaan bersih yang Anda miliki.

Setelah mengetahui berapa kekayaan bersih saat ini, biasakan untuk menghitung ulang kekayaan bersih setiap tahun atau setiap kali ada perubahan signifikan pada keuangan pribadi.

2. Tetapkan Tujuan Keuangan

Untuk mengatur keuangan, pertama-tama putuskan apa yang ingin Anda capai. Luangkan waktu untuk mengidentifikasi tujuan keuangan dari yang besar sampai yang kecil sekalipun. Kemudian, pikirkan tentang bagaimana Anda akan mencapai tujuan tersebut.

Rencana keuangan dapat membantu bersiap menghadapi pengeluaran besar dengan sedikit kekhawatiran. Jika Anda meluangkan waktu untuk menanam benih untuk masa depan dengan membuat rencana dengan tujuan yang jelas dan garis waktu tertentu, Anda akan menuai hasilnya bertahun-tahun kemudian.

2 dari 3 halaman

3. Selalu Lacak Pengeluaran

Tahukah Anda berapa banyak uang yang dibelanjakan setiap bulan? Jika belum, sekarang saatnya mencari tahu.

Mengetahui ke mana perginya uang dapat membantu memberikan gambaran yang jelas tentang kebiasaan belanja Anda.

Apakah menghabiskan terlalu banyak uang untuk hal-hal yang tidak penting, atau Anda tertinggal dalam tujuan menabung atau membelanjakan lebih dari yang dihasilkan. Melihat angka-angka pasti mungkin menunjukkan bahwa hal-hal kecil benar-benar bertambah.

Pada akhir bulan, akan ada gambaran yang lebih jelas tentang kemana uang dibelanjakan dan mengetahui bagian mana yang mungkin dapat dipotong.

4. Buat Anggaran

Setelah membuat daftar tujuan finansial dan mengamati kebiasaan pengeluaran, inilah saatnya membuat anggaran yang mencerminkan bagaimana Anda ingin membelanjakan uang.

Untuk membuat anggaran yang efektif, mulailah dengan lembar kerja anggaran, kumpulkan semua laporan keuangan, catat sumber pendapatan, buat daftar pengeluaran bulanan, dan membuat penyesuaian pada pengeluaran tersebut.

Dengan segala pencatatan yang baik dan rapi maka, arus keuangan baik pendapatan dan pengeluaran akan terlacak dengan jelas dan itu artinya akan memudahkan Anda.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: