Sukses

5 Cara Hemat Uang Selama Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta Ramadhan secara tradisional adalah waktu di mana orang menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga, makan lebih sering dan bahkan menyumbang lebih dari waktu-waktu lain dalam setahun.

Secara alami, pengeluaran Anda meningkat selama bulan ini dan Anda mungkin membelanjakan lebih dari yang Anda inginkan.

Namun, biarkan Ramadhan ini menjadi cerita yang berbeda. Daripada menganggap bulan suci puasa dan pengorbanan sebagai alasan untuk mengeluarkan uang berlebihan, kelola keuangan Anda dengan menabung.

Ada banyak cara untuk mengurangi pengeluaran dan tetap menikmati Ramadhan. Berikut 5 cara menghemat uang selama Ramadhan, dilansir dari laman citibank.ae, Rabu (14/4/2021).

1. Terapkan sikap sederhana

Ramadhan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar kemanusiaan dan kesederhanaan. Saat Anda merenungkan tindakan Anda di bulan suci ini, praktikkan kesederhanaan dalam pengeluaran keuangan Anda juga.

Alih-alih mengatur jamuan buka puasa yang mewah, pergilah untuk acara kecil atau berbuka puasa di rumah dengan orang yang Anda cintai.

 

2 dari 4 halaman

2. Tetap berpegang pada perencanaan anggaran

Pastikan untuk tetap berpegang pada anggaran Anda saat melakukan pembelian untuk bulan tersebut dan tidak menggunakannya sebagai alasan untuk berbelanja.

Bergantian, jika Anda bisa, buat anggaran Ramadhan terpisah yang mencakup semua pengeluaran yang perlu Anda lakukan selama bulan tersebut.

Itu bisa termasuk biaya hadiah, pakaian, dekorasi, hiburan, dan makanan. Setelah Anda membuat anggaran, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengikutinya jika Anda menyertakan keluarga Anda dalam pelaksanaannya juga.

3. Manfaatkan hadiah dan diskon

Selama Ramadan, pasar dibanjiri hadiah dan diskon. Anda mungkin menemukan penawaran Ramadhan untuk pakaian, aksesori, mainan, dan lainnya. Selain penjualan, Anda juga dapat menggunakan kartu kredit reward untuk melakukan pembelian.

Kartu kredit adalah cara yang baik untuk menghemat uang, terutama selama musim perayaan. Sebagai alternatif, dengan Kartu Kredit lainnya, saat Anda berbelanja, Anda mengumpulkan poin reward yang dapat Anda gunakan untuk berbelanja, makan di luar, dan banyak lagi.

 

3 dari 4 halaman

4. Hemat rencana perjalanan

Jika Anda berencana bepergian selama Ramadhan, rencanakan perjalanan Anda sebelumnya untuk memanfaatkan potongan harga. Anda juga dapat memanfaatkan miles kartu kredit Anda untuk memesan tiket yang terjangkau.

Selain itu, poin ini dapat ditukarkan untuk pemesanan hotel, penerbangan reward, dan subsidi biaya perjalanan.

5. Praktikkan berhemat dalam pemberian

Sebarkan cinta dan kebahagiaan tanpa menghabiskan banyak uang atau membeli hadiah mahal. Buat hadiah yang dibuat di rumah Anda sesuai pilihan semua orang, misalnya membuat makanan pembuka puasa atau makanan lainnya sehingga Anda bisa memberi sekalian berhemat, daripada membeli makanan dari orang lain.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini