Sukses

Mampu Tampung 1.300 Kios, Tengok Pasar Induk Terbesar di Banten

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya dikenal sebagai wilayah industri, ternyata di Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang juga ada pasar induk terbesar di Provinsi Banten. Miliki luas lebih dari 43 ribu meter persegi, pasar tersebut mampu menampung lebih dari 1.300 kios pedagang.

PT Menara Property Development sebagai pemilik dan pengembang pasar induk tersebut, mempercayai PT Bina Pasar Mandiri mengelola pasar induk tersebut. Pasar Induk Jatiuwung dibangun dengan partisi sebanyak delapan blok.

"Total ada 1300 lapak, 167 kios multifungsi dan 42 unit ruko, yang telah terisi lebih dari 80 persen dari kapasitas total," ujar Indra, Direktur Utama PT Menara Property Development, Senin (12/4/2021).

Indra pun berharap, pasar seluas 43.000 meter persegi itu akan menjadi penggerak roda ekonomi masyarakat di Tangerang Kota.

“Pasar Induk Jatiuwung dibangun dengan tujuan untuk mensejahterakan pedagang dan seluruh komunitas yang ada di pasar induk,” katanya.

Pengembang dan pengelola juga telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan keamanan setempat dan juga koperasi simpan pinjam dengan akreditasi nasional guna memberi rasa aman dan nyaman dalam berusaha.

 

2 dari 3 halaman

Sistem Zero Waste

Sementara, menurut Andrew T, Business Development PT Menara Property Development, pasar induk tersebut akan menerapkan sistem zero waste. Dimana sampah organik akan didaur ulang kembali di tempat yang sama.

Dia pun memastikan, bila seluruh perijinan sudah lengkap. Mulai dari izin lokasi, IPPT, IMB dan Ijin Usaha Pengelolaan Pasar Tradisional sudah dikantongi.

“Diterbitkannya perijinan-perijinan ini merupakan bukti nyata dukungan Pemerintah Kota Tangerang terhadap Pasar Induk Jatiuwung,” katanya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: