Sukses

Forum Human Capital Indonesia Targetkan 10 Persen Direksi BUMN Diduduki Milenial

Liputan6.com, Jakarta - Forum Human Capital Indonesia (FHCI), sebagai wadah pengelola dan praktisi SDM di BUMN, menargetkan 10 persen dari jajaran direksi di perusahaan BUMN bisa diduduki oleh generasi milenial dan target 20 persen keterwakilan perempuan di jajaran direksi perusahaan BUMN.

“FHCI menyokong upaya Kementerian BUMN untuk terus mendorong partisipasi generasi milenial dan keterwakilan perempuan di jajaran direksi perusahaan BUMN,” kata Ketua Forum Human Capital Indonesia periode 2021-2024, Alexandra Askandar, dalam Konferensi Pers Pelantikan Pengurus dan Kick Off FHCI 2021 secara virtual Rabu, (7/4/2021)

Alexandra mengatakan target tersebut merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Kementerian BUMN dengan memberikan kesempatan kepada generasi milenial untuk duduk di jajaran direksi, begitupun bagi keterwakilan perempuan di jajaran direksi atau komisaris di BUMN.

Oleh karena itu, FHCI berkomitmen untuk memacu peningkatan kualitas dan kompetensi SDM di lingkungan BUMN, untuk beradaptasi dengan perubahan bisnis yang bergerak dinamis di era VUCA (volatile, uncertainty, complexity&ambiguity) dan disrupsi digital ini.

Secara rinci Alexandra menjelaskan, program pengembangan SDM yang berkesinambungan diimplementasikan FHCI bersama BUMN untuk membangun kolam talenta (talent pool) nasional untuk menyongsong upaya pemerintah mewujudkan Visi Indonesia 2045 yang berbasis pengembangan kualitas SDM.

“Langkah awal FHCI untuk menyokong hal tersebut adalah mengukuhkan kepengurusan FHCI periode 2021-2024 di Ballroom Pertamina Pusat, Jakarta pada Rabu ini,” ujarnya.

Adapun FHCI telah banyak berkiprah selama 15 tahun. Kiprahnya ini memang untuk membangun dan mengembangkan SDM nasional, terutama di lingkungan BUMN.

 

2 dari 3 halaman

Program Terobosan

Lanjutnya, dalam lima tahun terakhir ini tren pengembangan human capital di Indonesia ini banyak melahirkan gagasan dan program-program terobosan.

Kedepannya, FHCI berkomitmen untuk berkolaborasi untuk mengkreasikan program pengembangan SDM yang inovatif dan berperan sebagai lokomotif untuk mengakselerasi terwujudnya SDM Unggul Indonesia Maju.

FHCI mencermati tren pengembangan BUMN yang dirancang sedemikian rupa untuk adaptif dan kompetitif di era VUCA dan menyiasati dampak pandemi Covid-19 terhadap kinerja bisnis BUMN.

“Dinamika ini direspon BUMN untuk mengembangkan program mencetak pemimpin dari internal perusahaan (creating leaders from within) dari generasi muda, serta kaum perempuan yang berasal dari latar belakang sosial-budaya yang beragam untuk berkiprah di BUMN yang jenis usahanya cukup beragam itu,” jelasnya.

Saat ini FHCI telah menyiapkan program untuk mendukung ini, antara lain program Leadership Development, Raising Number of Diaspora Talents di jajaran direksi BUMN, dan program BUMN Bisa! (BersamaBangun Indonesia).

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: