Sukses

Sulit Kaya, Coba Cermati Apa Kamu Punya Kebiasaan Ini?

Jika Anda kini tengah berjuang dan mengalami kesulitan dalam menggapai impian untuk mencapai hidup yang lebih sejahtera, Anda tidak sendirian.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda kini tengah berjuang dan mengalami kesulitan dalam menggapai impian untuk mencapai hidup yang lebih sejahtera atau lebih kaya, maka Anda tidak sendirian.

Menurut Jen Sincero, pengusaha dan penulis buku terlaris New York Times berjudul “You Are a Badass at Making Money” dan yang baru-baru ini menerbitkan “Badass Habits: Cultivate the Awareness, Boundaries, and Daily Upgrades You Need to Make Them Stick,” faktanya banyak orang yang justru terus membuat kesalahan yang sama yang membuat mereka tidak mampu membangun kekayaan yang mereka impikan.

Hal ini didasarkan pada pengalaman finansial Sincero sendiri. Dikutip dari CNBC, Jumat (26/3/2021), Ia berhasil bangkit dari seseorang yang berpenghasilan hanya sekitar USD 28.000 menjadi mendapatkan tujuh digit dalam setahun dari pekerjaannya sebagai seorang pelatih dan penulis yang sukses.

Kesalahan terbesar yang masih sering dilakukan adalah tidak mengambil suatu langkah strategis hanya karena langkah tersebut terlihat menakutkan. Hal ini dikatakan tergantung pada pola pikir Anda.

“Ketakutan terbesar adalah orang-orang di sekitar Anda tidak mendukung dan Anda akan ditinggalkan,” ujar Sincero. "(Pola pikir seperti) itu sangat primitif dan seringkali sangat tidak disadari."

Percayalah bahwa ketika Anda memutuskan untuk mengambil risiko lebih besar, akan selalu ada orang yang tidak mendukung.

Tetapi, penting bagi Anda untuk melakukan apa yang menurut Anda terbaik untuk keuangan, terlepas dari apa yang nantinya dikatakan oleh orang lain.

“Menurut saya salah satu kesalahan terbesar adalah tidak memiliki batasan yang baik dalam melakukan apa yang benar untuk Anda, alih-alih mencoba menyenangkan semua orang di sekitar,” tambah Sincero.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan berpaling dari niat yang sesungguhnya

Anda tidak boleh berpaling dari niat dalam memulai bisnis sendiri atau mengambil langkah berisiko lainnya, hanya karena orang lain tidak mendukung atau justru meremehkan dalam prosesnya. 

Sebab, pada tahap tersebut, mereka mungkin masih tidak mengetahui gambaran keseluruhan. Dan apa yang Anda rencanakan juga memiliki potensi untuk berhasil dibanding fokus pada kegagalan dan kekurangan bahkan sebelum langkah apapun diambil.

“Jika itu berarti menyewa seorang penasihat keuangan, berhenti dari pekerjaan Anda yang membosankan dan memulai bisnis impian Anda, atau (bernegosiasi dalam) menggandakan gaji Anda, semua hal itu bisa menakutkan karena (hasilnya) tidak diketahui,” lanjut Sincero. 

Tetapi, jika Anda tidak pernah membiarkan diri merasa takut sehingga tidak mencoba mengubah hidup sama sekali, juga melakukan sesuatu yang salah.

Anda hanya akan tetap tinggal di zona nyaman yang dikenal dan enggan berkembang ke posisi yang lebih baik.

Bagi Sincero, kunci untuk mengubah hidupnya adalah menemukan "aliran pendapatan yang (lebih) layak," katanya.

Dengan berani mendirikan bisnis daring untuk membantu para pengusaha dalam menulis dan menjual buku proposal, dia berhasil melipatgandakan pendapatannya hanya dalam tiga bulan.

Sedangkan sebelumnya sebagai penulis lepas, Sincero hanya menghasilkan USD 28.000 dalam setahun, padahal dia sudah bekerja sangat keras dan giat.

Sekarang, dia bekerja lebih sedikit tetapi sudah mampu menghasilkan lebih banyak uang. Meskipun itu adalah transisi yang menakutkan, tetapi dia memutuskan untuk tetap berani melakukannya.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.