Sukses

8 Cara Mudah Atur Waktu agar Pekerjaan Tak Menumpuk

Setiap orang pasti pernah merasakan stres karena terlalu banyak pekerjaan atau terlalu banyak tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti pernah merasakan stres karena terlalu banyak pekerjaan atau terlalu banyak tanggung jawab yang harus diselesaikan. Seiring berjalannya waktu, terkadang Anda merasa memiliki lebih lebih banyak pekerjaan dibanding dengan waktu yang ada.

Jika Anda merasakan hal tersebut, ini artinya sudah waktunya untuk meningkatkan keterampilan dalam manajemen waktu.

Triknya adalah mengatur tugas dan menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan lebih banyak hal setiap hari. Ini dapat membantu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan produktivitas baik di tempat kerja maupun di rumah.

Manajemen waktu itu penting dan akan membutuhkan waktu untuk berkembang dalam jangka panjang. Menemukan mana yang paling cocok untuk Anda adalah kuncinya.

Mengutip dari laman lifehack, Senin (15/3/2021), berikut beberapa tips pekerjaan untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu dan meningkatkan produktivitas:

1. Prioritaskan

Sebelum memulai hari, buatlah daftar tugas yang perlu diselesaikan lebih dulu. Tugas yang tidak penting dapat menghabiskan banyak waktu berharga dan cenderung membuang banyak energi.

Mengidentifikasi tugas yang perlu diselesaikan, itu sangat penting untuk produktivitas Anda dan bagian penting dari keterampilan manajemen waktu. Begitu tahu di mana harus mengerahkan energi, Anda akan mulai menyelesaikan berbagai hal dalam urutan yang sesuai untuk dengan jadwal.

Singkatnya, prioritaskan tugas penting untuk membuat diri tetap fokus.

2. Buat Jadwal

Bawalah agenda atau buku catatan selalu dan buat daftar semua tugas yang hendak diselesaikan. Mampu memeriksa semua pekerjaan saat menyelesaikannya akan memberi rasa pencapaian dan membuat tetap termotivasi.

Membuat to-do list sederhana sebelum memulai hari, memprioritaskan tugas-tugas, dan fokus pada hal yang penting. Pastikan bahwa tugas-tugas ini juga bisa dicapai. Jika ada tugas besar yang perlu diselesaikan, jadikan itu satu-satunya hal dalam daftar.

Untuk mengelola keterampilan manajemen waktu dengan lebih baik, Anda mungkin berpikir untuk membuat tiga daftar yakni pekerjaan, rumah, dan pribadi. Dengan begitu, Anda dapat menjadwalkan dan mengatur tugas sehari-hari dengan mudah.

3. Tetapkan Batas Waktu

Saat memiliki tugas, tetapkan batas waktu yang realistis dan patuhilah itu. Setelah menetapkan tenggat waktu, mungkin berguna untuk menuliskannya di catatan dan meletakkannya di dekat ruang kerja. Ini akan memberi petunjuk visual untuk membuat Anda tetap bekerja.

Cobalah untuk menetapkan tenggat waktu beberapa hari sebelum tugas tersebut jatuh tempo sehingga dapat menyelesaikan semua tugas yang mungkin menghalangi. Tantang diri sendiri dengan patuh pada batas waktu yang telah ditentukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Atasi Penundaan

Penundaan merupakan salah satu hal yang berpengaruh negatif terhadap produktivitas. Ini dapat mengakibatkan pemborosan waktu dan energi yang penting. Ini bisa menjadi masalah besar, baik dalam karier maupun kehidupan pribadi.

Menghindari penundaan bisa jadi sulit bagi banyak orang, tetapi ini penting saat kita mengembangkan keterampilan manajemen waktu. Kita cenderung menunda-nunda saat merasa bosan atau kewalahan. 

Cobalah menjadwalkan aktivitas yang lebih kecil dan menyenangkan sepanjang hari untuk menyelesaikan tugas yang lebih sulit. Ini dapat membantu Anda untuk tetap pada jalurnya.

5. Atasi Stres dengan Bijak

Stres sering kali muncul ketika kita menerima lebih banyak pekerjaan daripada yang mampu kita capai. Akibatnya tubuh merasa lelah dan itu bisa mempengaruhi produktivitas.

Stres datang dalam berbagai bentuk, tetapi ada beberapa cara produktif untuk mengatasinya misalnya dengan keluar untuk berolahraga, berlatih meditasi, melakukan hobi favorit, dan lainnya.

Kuncinya adalah menemukan kegiatan yang berhasil untuk Anda untuk menurunkan respons stres. Jika tidak punya waktu, cobalah beberapa teknik pernapasan. Ini dapat dilakukan hanya dalam beberapa menit dan telah terbukti menurunkan hormon pemicu stres.

6. Hindari Multitasking

Sebagian besar dari kita merasa bahwa multitasking adalah cara yang efisien untuk menyelesaikan sesuatu, tetapi kenyataannya adalah lebih baik ketika kita fokus dan berkonsentrasi pada satu hal. Multitasking menghambat produktivitas dan harus dihindari untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu.

Manfaatkan daftar tugas dan batas waktu untuk membantu tetap fokus. Dengan melakukan ini, Anda akan meningkatkan kualitas pekerjaan yang diberikan.

7. Mulailah Sejak Dini

Kebanyakan orang sukses memiliki satu kesamaan yakni memulai hari lebih awal karena memberi mereka waktu untuk duduk, berpikir, dan merencanakannya.

Saat bangun pagi, Anda lebih tenang, lebih kreatif, dan berpikiran jernih. Seiring berjalannya hari, tingkat energi mulai turun, yang memengaruhi produktivitas, motivasi, dan fokus.

Jika Anda bukan orang yang suka bangun pagi, cobalah untuk bangun tiga puluh menit lebih awal dari waktu normal. Maka Anda akan kagum dengan betapa banyak yang bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat. Jika tidak ingin menggunakannya untuk bekerja, gunakanlah untuk berolahraga atau sarapan yang sehat. 

Rutinitas semacam ini juga akan berkontribusi pada produktivitas Anda sepanjang hari.

3 dari 3 halaman

8. Istirahat Secara Teratur

Kapan pun merasa lelah dan stres, istirahatlah selama 10 hingga 15 menit. Terlalu banyak stres dapat merusak tubuh dan memengaruhi produktivitas.

Untuk lebih memotivasi dan fokus, jadwalkan waktu istirahat Anda. Ini akan membantu untuk rileks dan kembali bekerja dengan energi yang penuh nantinya. Jika tahu akan ada istirahat, ini mungkin bisa mengatasi kebosanan atau kurangnya motivasi untuk menyelesaikan tugas yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini