Sukses

Kenali 7 Tanda Penggunaan Kartu Kredit Anda Tak Terkendali

Liputan6.com, Jakarta - Ketika kartu kredit sudah limit maksimal atau hampir maksimal justru akan menjadi beban dan tidak lagi memberi kenyamanan. Dengan sedikit saldo kredit yang tersedia, itu tidak lagi berguna untuk keadaan darurat atau pengeluaran tak terduga lainnya, dan utang akan susah untuk dapat dikelola ketika suku bunga tinggi mempersulit pembayaran saldo.

Ketahuilah kapan harus mengendalikan pengeluaran. Tidak ada pengukur eksternal yang memberi tahu saat utang kartu kredit semakin tidak terkendali. Penerbit kartu kredit pun tidak akan memperingatkan bahwa saldo telah melebihi kemampuan Anda untuk membayar.

Melansir dari laman the balance, berikut 7 tanda yang menunjukkan bahwa penggunaan kartu kredit Anda tidak terkendali.

1. Kartu sudah maksimal atau di atas batas kredit

Ini dapat terjadi dengan cepat jika Anda tidak membayar saldo setiap bulan. Beberapa kartu kredit yang telah habis akan menambah masalah. Jika saldo melebihi batas, perkirakan penerbit kartu akan menaikkan suku bunga Anda, sehingga semakin sulit untuk membayar saldo.

2. Tidak mampu membayar apapun kecuali pembayaran minimum

Pembayaran minimum adalah jumlah terendah yang dapat Anda bayarkan menggunakan kartu kredit untuk menjaga reputasi baik akun. Jika tidak dapat membayar lebih dari itu dan Anda masih menggunakan kartu kredit, utang akan semakin memburuk setiap bulannya.

3. Terlambat atau kehilangan pembayaran

Pembayaran yang terlewat semakin membahayakan kesehatan kredit. Pembayaran yang terlambat akan meningkatkan jumlah yang harus dibayarkan karena menyebabkan biaya keterlambatan yang ditambahkan ke saldo. Jika kartu Anda sudah maksimal, biaya keterlambatan tersebut dapat mendorong saldo kartu kredit melebihi batas limit.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Menggunakan kartu kredit untuk keperluan sehari-hari

Kartu kredit adalah cara yang nyaman untuk membayar bahan makanan, bensin, dan kebutuhan sehari-hari lainnya dan bahkan dapat memperoleh poin hadiah atau uang kembali untuk melakukannya. Ini bagus jika Anda membayar saldo setiap bulan. Jika tidak, membutuhkan kredit untuk membayar pengeluaran sehari-hari adalah pertanda masalah keuangan yang lebih besar.

5. Membayar kartu kredit dengan jenis utang lain

Uang muka, transfer saldo berulang, pinjaman gaji, atau bentuk utang lain untuk membayar kartu kredit Anda hanya akan menciptakan lebih banyak utang dengan meminjam uang agar tetap bertahan.

6. Anda menyembunyikan utang dari diri sendiri atau pasangan

Merasa ada sesuatu yang disembunyikan adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah. Jika Anda tidak membuka laporan mutasi kartu kredit karena tidak ingin menghadapi saldo atau berusaha keras agar pasangan tidak mengetahui tentang utang, kemungkinan besar Anda memiliki lebih banyak utang susah ditangani.

7. Tidak mampu menabung karena terlalu banyak utang

Semakin banyak uang yang Anda belanjakan, semakin sedikit yang dimiliki untuk hal-hal lain seperti menabung. Tanpa akses ke tabungan, Anda harus mengurangi lebih banyak utang untuk keluar dari keterikatan finansial.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: