Sukses

Mau Cicil Mobil tapi Punya Riwayat Kredit yang Buruk? Simak Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta - Sejarah kredit adalah faktor besar dalam mendapatkan persetujuan untuk pinjaman mobil. Tidak hanya itu, kartu kredit akan mempengaruhi biaya bunga yang dibayarkan untuk pembiayaan pembelian Anda.

Sayangnya, membeli mobil dengan kredit buruk itu sulit, bahkan jika Anda memiliki penghasilan dan riwayat pekerjaan yang stabil. 

Sejarah keterlambatan pembayaran, hutang tinggi, kebangkrutan, atau pemilikan kembali adalah tanda bagi pemberi pinjaman bahwa itu akan berisiko gagal membayar pembayaran pinjaman, dan pemberi pinjaman ingin menghindari proses mahal untuk mengambil kembali kendaraan tersebut.

Melansir dari the balance, berikut tips membeli mobil dengan kredit buruk:

1. Selesaikan Tunggakan Kredit Anda Sebelum Beli Mobil

Periksa laporan kredit Anda segera setelah mulai berpikir untuk membeli mobil baru, bahkan jika itu berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelumnya

. Identifikasi barang-barang yang merusak skor kredit kemudian bersihkan kredit dengan melunasi rekening yang telah jatuh tempo, mempermasalahkan kesalahan laporan kredit, dan menambahkan informasi positif ke laporan kredit Anda sebelum dealer mobil melihatnya.

2. Hindari Item Kredit Macet Tambahan

Pada bulan-bulan menjelang pengajuan pinjaman, berikan perilaku terbaik Anda. Bayar semuanya tepat waktu. Jangan mengambil kewajiban kredit besar lainnya, membuka kartu kredit baru atau membebankan saldo kartu kredit yang tinggi. 

Tanda bahaya potensial bagi pemberi pinjaman mobil termasuk keterlambatan pembayaran sewa, pembebanan biaya, penagihan utang, kebangkrutan, hak gadai pajak, dan keputusan gugatan.

3. Periksa Suku Bunga Saat Ini Sebelum Membeli Mobil dengan Kredit Macet

Anda dapat memeriksa suku bunga pinjaman mobil rata-rata terbaru secara online untuk lebih memahami tingkat suku bunga yang Anda harapkan. Dengan kredit yang baik, Anda akan memenuhi syarat untuk mendapatkan tarif pada atau di bawah rata-rata. 

Dengan kredit buruk, biasanya akan memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi, tetapi bersikap skeptis terhadap suku bunga pinjaman yang lebih dari dua kali lipat rata-rata. Tingkat pinjaman Anda tidak hanya akan mempengaruhi pembayaran bulanan tetapi juga label harga mobil yang dapat dibeli.

 

2 dari 4 halaman

4. Lakukan Pembayaran Uang Muka yang Lebih Besar

Riwayat kredit akan membatasi besarnya pinjaman mobil yang bisa diperoleh, dan suku bunga yang tinggi akan membuat jumlahnya semakin rendah. Uang muka dapat mengimbangi bunga, pajak, dan biaya serta memperluas pilihan kendaraan yang dapat Anda pilih.

5. Ketahui Apa yang Dapat Anda Bayar

Hindari melebih-lebihkan apa yang Anda mampu sehingga bisa mendapatkan mobil yang lebih baik. Sebaliknya, pertimbangkan berapa banyak uang tambahan yang tersisa setelah membayar tagihan setiap bulan. Itulah jumlah yang mampu Anda bayar. 

Periksa anggaran untuk melihat apa yang benar-benar mampu dibayarkan dan pertahankan jumlah itu, bahkan jika disetujui untuk pinjaman dengan pembayaran yang lebih besar.

6. Hati-hati Dengan Beli Di Sini, Bayar Di Sini

Beli di sini, bayar di sini banyak mobil menawarkan pembiayaan di tempat dengan kualifikasi kredit yang tidak terlalu ketat bahkan terkadang tanpa pemeriksaan kredit, tetapi mereka juga memiliki reputasi sebagai barang mahal, menjual kendaraan berkualitas buruk, dan memanfaatkan konsumen dengan kredit buruk.

Minta rekomendasi untuk dealer, dan periksa nilai kendaraan dan sejarah kendaraan.Jika bisa, ajak teman mekanik untuk memeriksa mobil untuk memastikan kondisinya baik.

7. Baca Semua Dokumen

Dokumen pinjaman bisa membingungkan, tetapi uang dan kredit Anda dipertaruhkan, jadi penting untuk meluangkan waktu untuk memahami persyaratan pinjaman. Pastikan dokumennya cocok dengan semua yang disetujui dealer secara lisan. Jika setuju dengan persyaratannya, tanda tangani dokumen pinjaman sebelum Anda mengendarai mobil dari tempat parkir.

3 dari 4 halaman

8. Jangan Membeli Dengan Harapan Menukar Kendaraan Baru dalam Beberapa Tahun

Salah satu cara penjual mobil memasukkan Anda ke dalam mobil adalah dengan membangun harapan untuk berdagang di tahun depan. Kedengarannya bagus, tetapi ketika melakukan ini, saldo pinjaman lama ditambahkan ke pinjaman baru dan pembayaran Anda meningkat atau periode pembayaran kembali diperpanjang.

Jangan berdagang kecuali Anda meningkatkan kredit dan dapat memenuhi syarat untuk mendanai kembali dengan tingkat bunga yang lebih rendah.

9. Waspadai Penipuan

Orang-orang dengan kredit buruk adalah target penipuan yang tak terhitung jumlahnya. Jangan menjadi korban pinjaman, tidak peduli seberapa besar Anda ingin memiliki mobil baru. 

Terlalu sering pinjaman akan berakhir dengan buruk bagi pembeli mobil dan menghasilkan cacat lain pada catatan kredit yang sudah ternoda. Tidak peduli seberapa putus asa Anda untuk kendaraan baru, luangkan waktu, dapatkan semua fakta, dan buat keputusan yang paling sehat secara finansial.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: