Sukses

Aset Bank Syariah Indonesia Sudah Sejajar dengan Bank di Timur Tengah

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank BRI Syariah Tbk tengah menjalankan proses merger dengan PT BNI Syariah dan PT Bank Syariah Mandiri. Hasil penggabungan tiga bank syariah yang bernaung di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan akan bernama PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk.

Diperkirakan aset penggabungan bank plat merah ini setara dengan bank syariah milik beberapa negara di Timur Tengah.

Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko, Kementerian BUMN, Nawa Neli menyebut, Bank Syariah Indonesia secara aset telah sejajar dengan Bank Al Rajhi dan Al Bilad di Arab Saudi, Kuwait Finance House di Kuwait sampai dengan Rubian Bank di Qatar.

"BSI ini akan menjadi satu dari 10 ten global islamic," kata dalam Webinar Sharia Economic Outlook 2021, Jakarta, Selasa (19/1). Secara aset, Bank Syariah Mandiri memiliki aset Rp 120 triliun. Sedangkan aset Bank BNI Syariah dan BRI Syariah jumlahnya Rp 100 triliun.

Sehingga dari skala aset baik operasional, ekonomi softskill atau target market bisa bank merger ini akan meningkat. Bahkan bisa masuk 10 besar bank terbesar secara nasional.

"Dengan adanya penggabungan ini diharapkan di dalam peta perbankan di Indonesia bisa menduduki peringkat 7 atau 8 secara nasional," ujar Neli.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciri Khas

Selain itu, bank merger ini nantinya bisa akan memiliki Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 189 triliun. Dari sisi SDM, ketiga bank ini memiliki lebih dari 20 ribu karyawan dengan 1.200 kantor cabang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Untuk itu, Neli mengharapkan proses merger ini bisa menghasilkan konsolidasi yang baik dalam berbagai hal. Mulai dari skala investasi, teknologi, inovasi produk dan sebagainya. Mengingat, masing-masing bank memiliki ciri khas.

"Masing-masing bank ini harus bisa merealisasikan soft skill dan memanfaatkan keunggulan masing-masing agar konsumen bisa merasakan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhannya," kata dia.

Dia menegaskan, implementasi merger bank syariah ini harus melahirkan inovasi baru. Konsolidasi yang dilakukan harus saling memperkuat ekosistem ekonomi syariah dalam melakukan ekspansi.

"Konsolidasi ini untuk perkuat masing-masing pemain perbankan agar menjaga relevansi produk nasabah atau menjaga governance dari implementasi ekspansi Bank Syariah Indonesia," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.