Sukses

Pesan Sri Mulyani ke Auditor Pengawasan Intern Pemerintah

Sri Mulyani membuka Rakernas Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Tahun 2020 secara virtual.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengingatkan kembali mengenai peran strategis kepada organisasi profesi yang beranggotakan perorangan dan unit kerja Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Ini Sri Mulyani Indrawati sampaikan saat membuka Rakernas Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Tahun 2020 secara virtual. 

"Kita semua telah memahami bahwa AAIPI memiliki peran strategis untuk memperkuat dan menunjang efektivitas sistem pengendalian intern dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif dan akuntabel," kata Sri Mulyani, Rabu (23/12/2020).

Bendahara Negara itu menuntut seluruh APIP untuk melaksanakan pengawasan intern yang bernilai tambah bagi organisasi, baik di Kementerian Lembaga maupun Pemerintah Daerah (Pemda).

Dengan melalui kegiatan assurance dan konsultansi atas penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah termasuk akuntabilitas atas pengelolaan keuangan negara.

Dalam memberikan nilai tambah, APIP juga diharapkan dapat mengubah paradigma pengawasannya. Dari semula banyak berperan sebagai penjaga yang fokus hanya pada mencari kesalahan, menjadi lebih berperan sebagai strategi partner yang membantu pimpinan dan jajaran manajemen dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan penyelenggaraan pemerintahan.

"Bahkan harus best practice audit intern terkini mendorong unit audit intern untuk menjadi trusted advisor bagi organisasi dalam menghadapi permasalahan saat ini," ujarnya.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Risiko

Dia juga mengingatkan agar seluruh anggota APIP bisa mengantisipasi berbagai risiko yang akan datang. Utamanya dalam pemanfaatan era digital. Sebab, era digital saat ini telah mendorong instansi pemerintah untuk terus melakukan inovasi dengan optimalkan TIK dalam pelaksanaan tugasnya.

Bahkan kementerian lembaga dan pemerintah daerah berusaha merespon perubahan organisasi yang semakin berbasis IT dengan mengembangkan sistem informasi dalam berbagai Proses bisnis dan layanannya .

"Pemanfaatan teknologi informasi ini telah dan akan terus mengubah cara kerja instansi pemerintah yang semula paper base jadi komputer dan internet based. Apalagi untuk menjalankan normal di era pada pemanfaatan teknologi informasi secara efektif menjadi suatu keharusan bagi instansi pemerintah untuk tetap relevan seiring implementasi sistem pemerintah berbasis elektronik," jelas dia.

Oleh sebab itu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu meminta agar APIP turut berubah dan menyesuaikan diri agar tetap relevan dalam menjaga integritas dan akuntabilitas pencapaian tujuan pemerintahan diera digital. Caranya dengan memanfaatkan emerging teknologi dalam kegiatan pengawasan intern.

"Sebagai organisasi profesi telah mendorong untuk senantiasa mengembangkan dan meningkatkan kapasitasnya agar tetap relevan dan agile dalam jalankan tugas mencapai tujuan pemerintahan," ungkapnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.