Sukses

Pemprov DKI Jakarta dan Grab Adakan Uji Emisi Kendaraan Gratis

Grab Indonesia bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta melaksanakan uji emisi kendaraan secara gratis

Liputan6.com, Jakarta - Grab Indonesia bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta melaksanakan uji emisi kendaraan secara gratis bersama 110 mitra pengemudi GrabCar dan 200 mitra pengemudi GrabBike.

Aksi ini merupakan bentuk nyata dari komitmen Grab Indonesia dalam mendukung penerapan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta No.66 Tahun 2020 terkait Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

“Sebagai aplikasi super, kami selalu mencari cara agar dapat terus mendukung upaya setiap pihak dalam memerangi isu lingkungan secara global ini,” ujar President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dalam #BangunResolusi Talks: Digitalisasi Keuangan Dalam Meningkatkan Perekonomian, Kamis (3/12/2020).

Aktivitas uji emisi kendaraan secara gratis oleh Grab Indonesia akan dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis dalam seminggu, hingga akhir Desember 2020.

“Dengan memiliki tanggung jawab, baik perusahaan maupun individual, Grab Indonesia bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta untuk menghadirkan aktivitas uji emisi kendaraan untuk para mitra pengemudi kami secara gratis,” kata Ridzki.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Grab dan Gojek Dikabarkan Sudah Siap Merger

 Grab Holdings Inc. dan Gojek dikabarkan telah membuat langkah subtansial dalam mencapai sebuah kesepakatan untuk menggabungkan bisnis mereka. Jika langkah ini menjadi kenyataan maka bisa berpotensi menjadi sebuah aksi merger di sektor teknologi terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Menurut orang-orang yang identitasnya diminta untuk dirahasiakan karena bersifat percakapan pribadi, dua perusahaan teknologi ini telah mempersempit perbedaan pendapat mereka masing-masing. Walaupun beberapa bagian dari perjanjian masih harus dinegosiasikan kembali.

Detail akhir sampai saat ini masih dikerjakan antara para petinggi dari masing-masing perusahaan, ditambah partisipasi Masayoshi Son dari SoftBank Group Corp yang merupakan investor utama dari Grab, menurut pernyataan orang tersebut, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (3/12/2020).

Dengan dibawahi oleh satu struktur dukungan substansial, pendiri dari Grab Anthony Tan akan menjadi CEO dari perusahaan hasil merger ini. Sementara untuk eksekutif Gojek akan menjalankan bisnis gabungan baru di Indonesia dengan merek Gojek, kata sumber tersebut.

Kedua perusahaan tersebut pun mungkin akan beroperasi secara terpisah dalam jangka periode yang lama, kata salah satu orang tersebut.

Sampai saat ini pun, pihak dari Grab, Gojek, dan SoftBank masih menolak untuk memberikan sebuah komentar. Menurut sumber orang-orang ini, pembicaraa nmasih lancar dan mungkin masih belum menghasilkan sebuah transaksi.

Kesepakatan usaha merger tersebut pun membutuhkan persetujuan regulasi, dan pemerintah mungkin memiliki keresahan antitrust dari penggabungan dua perusahaan ride-hailing raksasa tersebut. 

Grab dan Gojek sendiri sudah berkompetisi secara sengit untuk dominasi bisnis pengiriman makanan dan pembayaran seluler selama beberapa tahun terakhir. Para pihak Investor punsudah mendorong kedua perusahaan ini untuk bergabung agar bisa membentuk salah satu perusahaan internet paling kuat di wilayah Asia Tenggara.

Grab sendiri sampai sekarang hadir di delapan negara dengan nilai valuasi USD 14 miliar, sedangkan Gojek sendiri bernilai USD 10 miliar dan hadir di Indonesia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Pihak dari SoftBank sendiri telah mendorong kesepakatan sejak Son mengunjungi Indonesia pada bulan Januari, tetapi dirinya dikabari kesal dengan tidak adan kemajuan diskusi.

Menurut salah satu sumber yang mengetahui pembicaraan tersebut, persaingan lama dan bentrokan kepribadian antara para pemimpin kedua perusahaan telah menyebabkan negosiasi menemui jalan buntu.

Kenaikan Sea Ltd sebagai perusahaan yang tangguh dalam e-commerce dan pembayaran digital telah meyuntikan suntikan segar untuk percakapan Grab dan Gojek, ujar sumber tersebut. 

Menurut Rohit Sipahimalani, kepala strategi investasi di Temasek Holdings Pte, dalam sebuah wawancara pada peluncuran laporan e-Conomy, perjalanan mengejutkan dari Sea sendiri seagai sebuah perusahaan rintisan sapai menjadi aset berharga di Asia Tenggara dinilai menjadi "inspirasi terbesar" bagi paraperusahaan lokal dengan basis internet.

“Masyarakat kini melihat bahwa pasar publik merupakan alternatif yang layak bagi perusahaan internet di Asia Tenggara,” ujar Sipahimalani, yang dimana perusahaan miliknyaadalah salah satu investor di Gojek

"Namun mereka juga harus menyadari bahwa mereka perlu mencapai pada ukuran skala tertentu, oleh karena itu jalur IPO dinilai jadi lebih menarik, saya pikir itu mengarah kepadadialog seputar kombinasi dan konsolidasi di wilayah ini," tambah Sipahimalani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.