Sukses

Pesawat Garuda Indonesia Punya Motif Masker Baru Khas Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia kembali meluncurkan pesawat bermasker bermotif batik Tambal khas dari Yogyakarta. Desain masker bermotif batik ini merupakan karya dari Johana Angelia Christian sebagai pemenang keempat kompetisi 'Fly Your Design Through the Sky'.

"Desain mask livery keempat kali ini sekaligus menjadi desain terakhir dan penutup kompetisi Fly Your Design Through the Sky," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra kepada wartawan di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Irfan menjelaskan desain corak batik Tambal ini mengandung makna filosofi tentang harapan situasi Indonesia untuk dapat segera pulih dan bangkit dari pandemi Covid -19. Selain itu, tampilan ragam motif batik yang tersusun rapi tersebut juga turut merepresentasikan kebudayaan masyarakat Indonesia yang beragam.

Pembuatan pesawat bermasker edisi kompetisi ini hasil kerja sama Garuda Indonesia dengan PT Pertamina (Persero). Kerja sama ini merupakan upaya sinergi perusahaan BUMN dalam mengedepankan penerapan protokol kesehatan dalam menjalankan bisnis .

"Kami harapkan sinergi ini dapat turut serta mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 yang kedepannya juga dapat berkontribusi pada akselerasi pemulihan ekonomi nasiona," tutur Irfan.

Senada, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan partisipasi Pertamina dalam program ini merupakan bentuk dukungan Pertamina dalam kampanye pencegahan Covid-19 dengan cara yang unik dan menarik.

"Melalui program mask livery ini, kami berharap masyarakat daMelaluipat teredukasi dengan baik dan memiliki kepedulian yang tinggi dalam penerapan protokol pencegahan Covid-19 untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut di Indonesia," tutur Nicke.

Selain itu, Nicke juga mengungkapkan Pertamina ikut berperan aktif menjadi salah satu garda terdepan dalam rangka penanganan dan upaya pemulihan dampak yang ditimbulkan akibat penyebaran virus Covid-19. Antara lain dengan membangun rumah sakit khusus Covid dan memberikan bantuan kepada masyarakat, tenaga kesehatan, maupun pendampingan kepada UMKM untuk tetap bertahan dan mandiri.

Selain dengan Pertamina, Garuda Indonesia juga telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan untuk membuat desain pesawat bermasker. Mereka adalah Artha Graha Peduli dan Pigeon Express Cargo. Adapun tiga desain mark livery yang telah diluncurkan sebelumnya bertema Indonesia Pride, Terbang Tinggi dan Tetap Terlindungi, dan Sekar Jagat Nusantara.

2 dari 3 halaman

Garuda Indonesia Sediakan 150 Lokasi Swab Test di Indonesia

Garuda Indonesia menyediakan lebih dari 150 titik layanan laboratorium dan rumah sakit rujukan resmi pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) / SWAB Test Covid-19 yang merupakan jaringan dari 10 penyedia layanan pemeriksaan PCR/SWAB Test mengacu kepada rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang tersebar di lebih dari 40 kota di Indonesia.

Penyediaan rujukan resmi pemeriksaan PCR/SWAB test ini menjadi langkah berkesinambungan Garuda Indonesia dalam mengedepankan implementasi protokol kesehatan secara konsisten pada seluruh lini layanan penerbangan.

Melalui penyediaan layanan pemeriksaan resmi PCR / SWAB test tersebut, terhitung mulai tanggal 26 November 2020 mendatang, seluruh calon penumpang Garuda Indonesia yang akan melaksanakan penerbangan rute internasional dapat melakukan pemeriksaan PCR/SWAB test di layanan rujukan resmi tersebut.

Hal ini guna melengkapi dokumen perjalanan pada rute penerbangan internasional sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan oleh otoritas kesehatan dan penerbangan.

"Penyediaan rujukan resmi layanan pemeriksaan PCR/SWAB Test ini merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia dalam menyediakan layanan penerbangan yang aman dan nyaman kepada seluruh penumpang - khususnya pada rute internasional dengan memberikan kemudahan pemenuhan dokumen perjalanan melalui pilihan layanan pemeriksaan PCR/ SWAB test yang terpercaya bagi calon penumpang sesuai dengan rekomendasi dari Kemenkes RI," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Senin (23/11/2020).

"Hingga saat ini kami telah menyediakan lebih 150 titik layanan rujukan resmi pemeriksaan PCR / SWAB test yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kedepannya, jumlah tersebut akan terus kami update secara berkala sesuai rekomendasi Kemenkes RI, sehingga pilihan layanan pemeriksaan PCR / SWAB test bagi calon penumpang dapat semakin beragam," tambah Irfan.

Adapun kesepuluh penyedia jaringan pelayanan pemeriksaan PCR/SWAB Test tersebut terdiri dari RS Pertamina – IHC Group, RS Siloam Hospital, RS Bunda, Lab Prodia, Lab Tirta Medical Centre, RS Primaya / RS Awal Bros, LabKlinik Kimia Farma, RSU Tabanan Bali, RSUD Bali Mandara, dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: