Sukses

Digitalisasi Rest Area, Anak usaha Jasa Marga Gandeng Netzme

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasamarga Related Business (JMRB), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola dan mengembangkan rest area dan bisnis digital, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama strategis dengan PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme).

Dalam kerja sama ini, Netzme akan membantu Jasamarga Related Business mempercepat proses transformasi digital ekosistem rest srea. Termasuk di dalamnya adalah implementasi sistem pembayaran non-tunai (cashless) berbasiskan QRIS.

Kolaborasi ini diharapkan bisa menghadirkan sinergi yang baik dan produktif dalam pengembangan dan pengelolaan rest srea dengan pemberdayaan para pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMKM) lokal secara lebih baik," jelas Direktur Utama Jasamarga Related Business Cahyo Satrio Prakoso dalam keterangan tertulis, Selasa (24/11/2020).

Hal ini bisa terwujud karena Netzme sendiri juga memiliki visi-misi yang sejalan sehubungan dengan pemberdayaan para pelaku UMKM menggunakan teknologi digital terkini serta sistem pembayaran non-tunai (cashless).

Direktur dan CEO dari Netzme Vicky G Saputra yakin bahwa Netzme akan bisa memberikan nilai tambah yang optimal dalam kolaborasi ini. Teknologi serta sistem pembayaran yang dimiliki Netzme bisa menjadi kolaborasi strategis yang berkelanjutan serta terus berkembang bersama Jasamarga Related Business secara komprehensif dalam mendukung bisnis inti induk usaha.

Kolaborasi dalam proses transformasi digital beserta dengan sistem pembayaran non-tunai seperti ini bukan hal baru bagi Netzme, beberapa waktu lalu Netzme telah juga menjalin kolaborasi bersama Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia (APPBI) dan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI).

2 dari 3 halaman

Cara Jasa Marga Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Rest Area Jalan Tol

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Jasamarga Related Business (JMRB), melakukan langkah mitigasi penyebaran virus Covid-19 (Novel Coronavirus), khususnya di lingkungan rest area jalan tol yang dikelola oleh PT JMRB.

Salah satunya sebagai langkah mitigasi utama penyebaran adalah melalui langkah cuci tangan yang benar dengan menyediakan hand sanitizer atau pembersih tangan beralkohol di beberapa titik di seluruh rest area yang dikelola Jasa Marga. Plt. Direktur Utama PT JMRB, Dian Takdir Badrsyah, berharap, dengan disediakannya hand sanitizer tersebut, kebersihan para pengunjung rest area bisa lebih ditingkatkan.

“Kami turut mendukung Pemerintah yang saat ini tengah berusaha menekan angka penyebaran virus tersebut. Kami sebagai pengelola fasilitas umum, memiliki kewajiban untuk ikut andil dalam upaya tersebut (menekan penyebaran virus Corona). Dengan adanya hand sanitizer di seluruh rest area yang kami kelola, kami harap pengunjung rest area dapat lebih terjaga kebersihannya,” jelas Dian.

Selain itu, PT JMRB juga menempatkan poster dan spanduk berisi imbauan di sejumlah titik tertentu di rest area. Maklumat tersebut berisikan informasi mengenai penyebaran virus Corona, gejala terjangkit virus Corona, hingga antisipasi penyebaran virus Corona. Selain itu, PT JMRB juga mengimbau para pengunjung untuk selalu mencuci tangannya secara benar dan bersih sebelum beraktivitas di rest area.

“Kami harap imbauan tersebut berguna untuk meningkatkan kewaspadaan pengunjung rest area. Sebab, selama ini banyak orang yang abai terhadap hal-hal sederhana, seperti mencuci tangan dan menjaga kebersihan,” tambahnya.

Tidak hanya untuk pihak eksternal, mitigasi penyebaran virus Corona juga dilakukan di lingkungan internal Kantor Jasa Marga, diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh setiap masuk kantor, penyediaan hand sanitizer di akses pintu masuk dan seluruh unit kerja, sosialisasi melalui media internal serta membentuk tim untuk penanganan cepat tanggap jika ada karyawan atau tamu kantor yang terindikasi virus Corona.  

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: