Sukses

Ikuti Tips Ini Maka Anda yang Bakal Dicari Perusahaan

Iikutilah 10 tips ini untuk membantu Anda menjadi seseorang yang dicari dan diinginkan pleh perusahaan tempat tuju.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang membutuhkan pekerjaan untuk menghasilkan uang sehingga dapat menunjang kehidupan mereka sehari-hari.

Ketika sedang mencari pekerjaan ada baiknya untuk percaya diri dan mempersiapkan diri secara matang agar terlihat siap ketika perekrut pekerjaan akan mewawancarai calon pekerja mereka.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Kamis (22/10/2020) berikut 10 tips yang dapat membantu Anda menjadi seorang yang ingin dipekerjakan oleh perusahaan:

1. Jangan biarkan nilai didahulukan daripada keterampilan

Nilai hanyalah salah satu faktor yang membuat pewawancara terkesan terhadap Anda. Nilai adalah indikasi kemampuan seseorang untuk memproses dan menyimpan informasi yang bertindak sebagai ekspresi dari perulaku akademis.

Jangan khawatir ketika mendapatkan nilai di bawah rata-rata karena tetap dapat mengesankan pewawancara dengan keterampilang seperti jaringan, pencitraam dan mendapatkan pengalaman kerja

2. Sesuaikan resume agar sesuai dengan peran yang dilamar

Pikirkan tentang keterampilan dan pengalaman yang cocok dengan perusahaan yang sedang Anda inginkan. Cobalah untuk membua keterampilang dan pengalaman tersebut lebih menonjol pada resume Anda.

3. Tulis surat pengantar yang menarik agar menonjol

Surat lamaran yang menarik dan menunjukkan tidak hanya kualifikasi tetapi juga kepribadian adalah salah satu cara terbaik untuk membuat surat pengantar diperhatikan oleh perekrut pekerjaan.

Yang paling terpenting adalah tunjukkan kesan tentang calon karyawan (Anda) yang sangat cocok dengan budaya perusahaan (tempat tujuan).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips selanjutnya

4. Pelajari tentang bisnis

Terlepas dari semua latar belakang pendidikan yang Anda miliki, ketika seseorang akan bekerja di sebuah perusahaan, mereka perlu untuk membiasakan diri dengan dasar-dasar bisnis.

Mempelajari bisnis dapat membantu Anda untuk menonjol dan lebih memahami bagaimana bisnis berfungsi dan memastikan Anda selaras dengan tujuan perusahaan.

5. Tetap memantau email

Kotak masuk email yang berantakan, tidak teratur dan belum dibaca dapat menyebabkan kehilangan informasi yang penting. oleh karena itu belajarlah untuk mengatur kotak masuk agar dapat segera menanggapi bila ada email perekrutan pekerjaan yang masuk.

6. Cari peluang kerja sukarela

Menjadi dan mendapatkan pekerjaan sukarela tidak ada salahnya, karena tetap bisa mengembangkan keterampilang dan pengalaman baru.

Sukarelawan juga bisa menjadi jalan menuju pekerjaan atau perubahan karir. Selain itu manfaat sosial menjadi sukarelawan sangatlah banyak salah satunya dapat memperbaiki CV, bertemu orang baru, bersosialisasi dan mengenal lebih banyak komunitas yang ada.

7. Pelajari bahasa tambahan

Mempelajari bahasa lain dapat membuat Anda lebih menarik. Selain dapat memperluas bahasa juga dapat menawarkan jalan untuk berintegrasi dengan komunitas bisnis.

 

 

3 dari 3 halaman

Tips selanjutnya

8. Menjadi orang berbentuk T

Konsep orang berbentuk T adalah seseprang yang berusaha untuk menjadi berpengetahuan dan terampil dalam satu bidang sambil mendidik diri mereka sendiri pada berbagai topik yang ada.

Sehingga orang tersebut siap membantu orang lain karena keahlian mereka dan kemampuan untuk berkontribusi di bidang lain.

9. Jangan pernah membicarakan hal buruk tentang perusahaan sebelumnya

Menjelekkan perusahaan sebelumnya dapat menciptakan kesan yang buruk dan dapat menunjukkan bahwa seseorang akan melakukan hal yang sama kepada perusahaan baru.

Perekrut akan melihat orang tersebut sebagai karyawan yang suka bergosip, sehingga bukang merupakan kualitas yang mengangumkan untuk ditampilamg selama wawancara kerja.

10.  Siapkan pertanyaan untuk ditanyakan selama wawancara

Tidak mengajukan pertanyaan selama wawancara dapat mengirimkan sinyal buruk yang menunjukkan bahwa Anda tidak tertarik dengan pekerjaan tersebut.

Hal yang dapat dilakukan adalah lakukan penelitian tentang pekerjaan dan perusahaan untuk membantu mengevaluasi apakah posisi tersebut cocok untuk Anda.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini