Sukses

Kehilangan Pekerjaan Akibat Covid-19? Ini Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan

Tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan akibat Virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 yang kurang lebih sudah terjadi selama 6 bulan di seluruh dunia mengakibatkan banyak orang yang kehilangan pekerjaannya.

Para ekonom memperkirakan, jika lonjakan pengangguran akibat Covid-19 terus berlanjut, maka akan semakin banyak orang yang kehilangan pekerjaan mereka.

Namun jika Anda adalah salah satu dari banyak orang yang terkena PHK karena Covid-19 jangan putus asa dan ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian, karena perjalanan hidup masih tetap berjalan dan Anda harus berperang melawan masa sulit ini.

Mengutip dari Yourtango, Sabtu (3/10/2020) berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda tetap bertahan selama masa sulit ini:

1. Ambil bantuan pemerintah

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan selama pandemi adalah mengajukan bantuan ke pemerintah. Faktanya, beberapa pemerintah menawarkan tunjangan atau bantuan kepada masyarakat.

2. Anda memiliki waktu untuk mengembalikan hidup ke jalur yang benar

Mungkin sebelum adanya pandemi Anda terlalu fokus dan sibuk untuk bekerja sehingga lupa untuk mengurusi diri sendiri. Sehingga sekarang adalah waktu yang tepat dan pas untuk membuat rencana hidup untuk kembali ke jalan yang benar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah selanjutnya

3. Jangan takut untuk meminta bantuan

Jika teman atau anggota keluarga menawarkan dukungan keuangan dan Anda membutuhkan, maka jangan merasa malu untuk menerima tawaran mereka.

Selain itu, jangan merasa bersalah tinggal bersama orang tua selama waktu ini, terutama jika akan membantu keuangan.

Selain itu jika Anda sangat membutuhkan bantuan keuangan, juga bisa dapat mempertimbangkan untuk mengambil pinjaman.

4. Cari pekerjaan sementara

Banyak bisnis penting yang membutuhkan bantuan ekstra sekarang, karena permintaan yang justru naik saat pandemi.

Jika Anda ingin segera mendapatkan pekerjaan untuk mengatasi krisis ini, bekerja sementara waktu bisa menjadi pilihan yang paling baik untuk saat ini.

5. Pertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan 

Melanjutkan pendidikan sehingga mendapatkan keterampilan yang baru mungkin salah satu yang cocok dalam masa pandemi seperti ini.

Manfaatkan pengetahuan yang Anda peroleh dan pelajari keterampilan baru yang dapat membantu karir Anda berkembang.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini