Sukses

Pembenahan Kawasan Wisata Manado-Likupang Tetap Jalan di Tengah Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 km telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 29 September 2020. Ini merupakan ruas tol pertama yang beroperasi di tanah Sulawesi Utara.

Jokowi mengatakan, kehadiran Tol Manado-Bitung bakal semakin membuka akses menuju destinasi wisata di Sulawesi Utara, khususnya ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas Manado-Likupang.

"Oleh sebab itu kita harapkan pariwisata di Sulawesi Utara bisa berkembang lebih baik, apalagi nanti setelah berakhirnya pandemi yang kita hadapi sekarang ini," kata Jokowi dalam acara peresmian ruas Tol Manado-Danowudu di Gerbang Tol (GT) Manado, Selasa (29/9/2020).

Selain Tol Manado-Bitung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, pemerintah juga tengah melaksanakan berbagai pembangunan infrastruktur pendukung bagi KSPN Manado-Likupang. Seperti jalan akses Manado-Likupang, penataan kawasan Likupang, dan penataan kawasan Bunaken.

"Lalu penataan kawasan pantai Malalayang di Manado, pembangunan 463 homestay untuk masyarakat di kawasan pariwisata, Jembatan Marinsow, penambahan kapasitas air minum di Malalayang, kemudian pembangunan TPA Mamitarang dan pengendalian banjir," jelasnya.

Kementerian PUPR sendiri telah merencanakan pembenahan KSPN Prioritas Manado-Likupang sejak 2019 lalu. Seperti penataan Pulau Bunaken yang dianggarkan sebesar Rp 52,7 miliar dari APBN Tahun Anggaran 2020.

Kemudian penataan Pantai Paal di Desa Likupang, Minahasa Utara, yang menelan anggaran Rp 88,2 miliar. Biaya tersebut dipakai untuk beberapa pekerjaan seperti entrance dan landmark, pembangunan area parkir berkapasitas 96 kendaraan, hingga penataan kawasan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pembangunan souvenir shop sebanyak 205 kios.

Total anggaran yang dipersiapkan untuk pengembangan KSPN Prioritas Manado-Likupang pada 2020 ini sebesar Rp 520 miliar, atau naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp 187 miliar.

 

2 dari 3 halaman

Resmikan Tol Manado-Bitung, Jokowi Harap Pariwisata dan Investasi Meningkat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap beroperasinya jalan tol Manado-Bitung, ruas Manado-Donowodu dapat meningkatkan pariwisata dan investasi di Sulawesi Utara. Terlebih, jalan tol ini hanya berjarak 12 menit dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi.

"Kita harapkan pariwisata di Sulawesi Utara bisa berkembang lebih baik lagi nanti setelah berakhirnya pandemi yang kita hadapi sekarang ini," kata Jokowi saat meresmikan ruas jalan tol Manado-Donowodu secara virtual, Jumat (29/9/2020).

Menurut dia, Sulawesi Utata memiliki banyak potensi ekonomi yang harus terus dikembangkan mulai dari industri perikanan, pertanian, perkebunan, dan pariwisata. Untuk itu, jalan tol Manado-Bitung dirancang untuk mengintegrasikan kawasan-kawasan strategis yang ada di wilayah.

Sejumlah kawasan strategis yang dimaksud Jokowi yakni, Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, dan kawasan pariwisata Likupang. Jokowi meyakini dengan adanya jalan tol ini, akan semakin banyak investasi yang masuk ke Sulawesi Utara.

"Dengan tersambungnya kawasan perekonomian ini saya yakin investasi akan lebih banyak datang. Usaha-usaha baru akan tumbuh lebih banyak dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga pasti akan meningkat. Sulawesi Utara akan semakin berkembang," jelas Jokowi.

Jalan Tol Manado-Bitung dikelola oleh PT Jasamarga Manado Bitung (JMB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: