Sukses

Badai Laura Lewat, Harga Minyak Turun Tipis

Harga minyak turun tipis pada hari Jumat karena Badai Laura sudah lewat dan tanpa memberikan efek kerusakan yang berarti

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak turun tipis pada hari Jumat karena Badai Laura melewati jantung industri minyak AS di Louisiana dan Texas tanpa menyebabkan kerusakan yang meluas dan perusahaan mulai memulai kembali operasinya.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (29/8/2020), Harga minyak mentah berjangka Brent untuk Oktober, yang akan berakhir pada hari Jumat, turun 5 sen menjadi  USD 45,04 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate ditutup 7 sen, atau 0,2 persen, lebih rendah pada USD 42,97 per barel.

Kedua benchmark berada di jalur untuk kenaikan mingguan sekitar 1,4 persen, dengan WTI menuju kenaikan mingguan keempat berturut-turut. Tolak ukur mencapai tertinggi lima bulan selama seminggu karena produsen AS memangkas produksi minyak mentah menjelang Laura pada tingkat yang mendekati tingkat Badai Katrina 2005.

“Perdagangan minyak telah diunggulkan oleh kemajuan yang kuat di awal minggu karena sejumlah besar premi badai dipompa ke pasar menjelang Badai Laura, diikuti dengan penghapusan besar premi badai setelah datangnya badai sebagai dampak terbatas di lepas pantai produksi minyak mentah atau aktivitas penyulingan diindikasikan,” kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates.

Pasar minyak memiliki volatilitas rendah yang luar biasa panjang, kata analis Eugen Weinberg dari Commerzbank, berbeda dengan pasar saham.

“Itu bahkan tidak bereaksi terhadap dolar yang lebih lemah. Tidak ada dorongan di kedua arah. Ia jarang memiliki volatilitas yang begitu kecil untuk jangka waktu yang lama, terutama mengingat situasi dinamis di sisi permintaan dan penawaran,” kata Weinberg.

Laura, sejak diturunkan menjadi depresi tropis, melanda Louisiana pada Kamis pagi dengan kecepatan angin 150 mil per jam (240 km per jam). Badai tersebut menewaskan sedikitnya enam orang, merusak bangunan dan menebang pohon. Listrik terputus hingga ratusan ribu di Louisiana dan Texas, tetapi kilang terhindar dari banjir besar.

Produsen minyak telah menutup 1,56 juta barel per hari (bpd) produksi minyak mentah, atau 83 persen dari produksi Teluk Meksiko. Sementara sembilan kilang telah menutup sekitar 2,9 juta bpd kapasitas, atau 15 persen dari kapasitas pemrosesan AS, menjelang badai.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Kilang Minyak Mulai Produksi Lagi

Valero Energy Corp mulai memulai kembali kilang Port Arthur, Texas, 335.000 bpd pada hari Jumat, sementara Exxon Mobil sedang mempersiapkan untuk memulai kembali kilangnya yang 370.000 bpd Beaumont, Texas.

Namun, perbaikan pabrik Citgo Petroleum 418.000 bpd Lake Charles, Louisiana, bisa memakan waktu empat hingga enam minggu, menurut Mizuho Securities. Perusahaan tidak segera membalas permintaan komentar.

Pada Kamis malam, Port of Houston, pusat ekspor minyak mentah utama AS yang menyumbang sekitar 600.000 bpd pengiriman, sedang dalam proses dibuka kembali untuk pengiriman komersial.

Perusahaan energi AS mempertahankan jumlah rig minyak dan gas alam yang beroperasi tidak berubah minggu ini, menghasilkan kenaikan bulanan pertama sejak Desember karena harga minyak mentah yang lebih tinggi mendorong beberapa produsen untuk mulai melakukan pengeboran lagi.

Lebih jauh ke depan, ekspektasi permintaan tetap bearish. Contango antara minyak mentah Brent untuk pengiriman terdekat dan enam bulan ke depan tetap dekat terlebar sejak akhir Mei dengan kontrak bulan depan lebih murah dari USD 2.

“Selain Arab Saudi, semua orang yakin bahwa permintaan minyak global tidak akan kembali ke 2019 (level) hingga setidaknya 2022. Estimasi bulanan terbaru dari triumvirat IEA / EIA / OPEC menunjukkan konsumsi tidak akan pulih ke level pra-pandemi tahun depan,” kata PVM Oil Associates dalam catatan harian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini