Sukses

Pemegang Saham BCA Sepakat Akuisisi Rabobank

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyetujui rancangan akuisisi atas saham PT Bank Rabobank International Indonesia (Rabobank). Akuisisi ini diperkirakan rampung kuartal III 2020.

Dikutip dari keterangan tertulis BCA, Jumat (31/7/2020), BCA dan entitas anak PT BCA Finance berencana membeli masing-masing 3.719.069 dan 1 lembar saham dari para pemegang saham Rabobank yang mewakili 100 persen dari total saham yang telah ditempatkan dan disetor pada Rabobank.

Adapun total nilai rencana akuisisi akan mengacu kepada premium yang bersifat tetap sebesar USD 20,5 juta ditambah dengan 1 x adjusted book value pada saat penyelesaian (closing) yang diperkirakan rampung di September 2020.

Rencana akuisisi Rabobank ini tidak memberikan dampak material pada permodalan perseroan. Kebutuhan pendanaan untuk rencana akuisisi telah dipersiapkan dari modal sendiri.

Setelah memperoleh persetujuan dari RUPSLB, selanjutnya BCA akan mengajukan permohonan izin-izin terkait rencana akuisisi Rabobank kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Diperkirakan proses akuisisi akan selesai pada kuartal III 2020.

2 dari 3 halaman

Akuisisi Rabobank, BCA Diperkirakan Bakal Keluarkan Dana Rp 500 Miliar

Sebelumnya, BCA memperkirakan nilai akuisisi sementara Rabobank di angka Rp 500 miliar. Angka tersebut masih perkiraan karena nilai final akuisisi akan didapat berdasarkan laporan keuangan aktual pada saat tanggal penyelesaian transaksi.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F Haryn menjelaskan, nilai akuisisi final akan mengacu kepada nilai ekuitas Rabobank yang telah disesuaikan (adjusted equity) lalu ditambah premium yang bersifat tetap sebesar USD 20,5 juta.

"Sehingga saat ini, estimasi total nilai akuisisi adalah Rp 500 miliar," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (9/6/2020). Nilai Rp 500 miliar ini adalah nilai keseluruhan, yaitu sudah termasuk premium USD 20,5 juta.

Dikutip dari ringkasan rancangan akuisisi, , BCA akan memiliki 3.719.069 saham yang mewakili 99,99 persen dari total saham yang telah ditempatkan dan disetor Rabobank.

Transaksi pengambilalihan dilakukan dengan cara pembelian saham dari para penjual sebagai pemegang saham Rabobank saat ini.

Rencana Akuisisi akan dilakukan sesuai dan dengan memperhatikan seluruh ketentuan perundang-undangan yang berlaku, yaitu antara lain UUPT, Peraturan OJK, Peraturan Bank Indonesia, dan perundang-undangan lainnya yang relevan dengan rencana akuisisi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: