Sukses

Ekonomi Lesu, Industri Asuransi Sulit Jual Produk

Saat ini pelaku industri asuransi tengah berlomba-lomba untuk meningkatkan kinerja.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah ekonomi yang lesu seperti saat ini, pelaku usaha asuransi sangat sulit untuk bisa mengakusisi nasabah baru atau memasarkan produknya. Berbagai terobosan yang dijalankan masih belum bisa membantu meningkatkan kinerja industri asuransi. 

Deputi Komisioner Pengawasan IKNB II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Moch. Ihsanudin mengatakan, saat ini pelaku asuransi tengah berlomba-lomba untuk meningkatkan kinerja. 

"Tapi mau diapa-apain, selama ekonomi belum membaik atau pendapatan masyarakat belum membaik, kemudian juga industri asuransi belum sehat, mau dengan cara apapun, ini tidak mudah memasarkan suatu produk asuransi," ujarnya dalam diskusi online, Kamis (30/7/2020).

Ihsanudin mengatakan, kinerja asuransi juga terganggu karena intenstas penyedia layanan bertemu dengan nasabah sangat terbatas. Hal ini bukan hanya permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha tetapi juga Otoritas Jasa Keuangan sebagai pembuat regulasi.

"Permasalahan ini cukup fundamental, bukan hanya tugas daripada pelaku perusahaan asuransi. Bukan hanya dari OJK sebagai regulator. Mau diregulate seperti apapun, kalau prasyarat dua (pendapatan masyarakat dan industri asuransi) belum membaik ini akan susah," paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

insurtech

Dia menambahkan, saat ini pelaku usaha asuransi memang tengah menggarap pasar melalui kehadiran insurtech. Insurtech merupakan singkatan dari insurance technology yang merupakan kolaborasi antara asuransi dengan teknologi canggih dan didukung oleh komponen-komponen finansial dari fintech Indonesia.

Pada kenyataannya di lapangan, insurtech juga belum mampu mengangkat kinerja asuransi karena masih menghadapi berbagai kesulitan. Meski demikian, insurtech menjadi salah satu harapan untuk mendorong kinerja asuransi dari sisi pemasaran baik dari jalur bisnis hingga proses model bisnis.

"Terkait dengan insurtech, insurtech bukan semata-mata terkait dengan teknologi untuk pemasaran. Kalau kita bagi dua blok, yaitu dari sisi distribution model. Artinya jalur distribusi untuk sistem pemasaran agar lebih cepat dan mudah, efisien kepada calon nasabah atau pemegang polis," jelasnya.

"Blok kedua, adalah insurance dari business process model. Penggunaan teknologi ini membantu dari proses mulai dari product development, pricing, underwriting, sampai claim management," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.