Sukses

Ini Bentuk Respon Cepat Gag Nikel Bantu Tangani Covid-19 di Raja Ampat

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hingga Senin (13/7) tercatat ada 286 kasus positif di provinsi Papua Barat. Berkaitan dengan kondisi itu, PT Gag Nikel yang merupakan anak perusahaan PT Antam Tbk pun berinisiatif merespon percepatan penanganan pandemi Covid-19 yang diusung pemerintah di seluruh wilayah Indonesia. 

Respon cepat itu dilakukan melalui program CSR PT Gag Nikel itu, dengan menyalurkan Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Respiratory Virus Transport Medium kepada Pemerintah Kabupaten Raja Ampat pada Jumat (10/7). Penyaluran itu sebagai merespon percepatan penanganan pandemi Covid-19 yang diusung pemerintah di seluruh wilayah Indonesia. 

Manager Sorong Office PT Gag Nikel Ruddy Sumual mengatakan penyerahan PCR kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Raja Ampat, Yusuf Salim ini merupakan kontribusi perusahaannya mendukung penanganan Covid-19 di Papua Barat, khususnya wilayah Raja Ampat.

“Keberadaan PCR akan mempercepat proses analisa sampel yang kini bisa dilakukan di RSUD Waisai, Raja Ampat,” kata Ruddy. Menurutnya, selama ini sampe uji Covid-19 harus dikirim ke luar Raja Ampat sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk mendapatkan hasil.

Ruddy menjelaskan bahwa PT Gag Nikel memastikan kegiatan operasional tetap berjalan dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat. “Hal ini kami lakukan selain untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pegawai, juga sebagai upaya untuk mengurangi dampak ekonomi dari Covid-19 di sekitar wilayah operasi.”

Sementara itu di tempat yang sama, Yusuf Salim mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi PT Gag Nikel atas dukungan dalam memutus mata rantai pandemi Covid-19 di wilayahnya.

“Bantuan ini benar-benar sangat kami butuhkan untuk lebih cepat mengetahui warga masyarakat yang terdampak. Jika kami lebih cepat mengetahui maka kami juga lebih cepat mengatasi untuk memutus mata rantai itu. Sehingga terima kasih kepada PT Gag Nikel atas kepedulian kepada seluruh warga masyarakat,” ujar Yusuf

Untuk diketahui, ada beberapa bantuan yang diberikan PT Gag Nikel dalam penanganan Covid-19 di wilayah Raja Ampat dan Provinsi Papua Barat antara lain masker kain, hand sanitizer dan sarung tangan medis.

 

(*)