Sukses

Ririek Adriansyah Tetap Jadi Dirut Telkom, Fajrin Bukalapak Direktur Digital

Menteri BUMN Erick Thohir kembali menunjuk Ririek Adriansyah menjadi Direktur Utama PT Telkom Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat, 19 Juni 2020. Ririek Adriansyah disebut masih menduduki kursi Direktur Utama di BUMN telekomunikasi ini.

Ririek menduduki posisi Dirut Telkom sejak 24 Mei 2020. Sebelum menduduki posisi tersebut, Ririek merupakan Presiden Direktur PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) yang merupakan anak usaha dari Telkom. Ririek menjadi orang nomor satu di Telkomsel sejak 2015 lalu.

Hal menariknya, berdasarkan sumber Liputan6.com, Pendiri sekaligus Presiden Bukalapak, Muhammad Fajrin Rasyid dikabarkan ditunjuk menjadi Direktur Digital Business perseroan, menggantikan Faizal R. Djoemadi.

Fajrin merupakan salah satu direktur dengan usia di bawah 40 tahun, tepatnya 33 tahun. Lahir di tahun 1986, Fajrin bersama Ahmad Zaky dan Nugroho Herucahyono mendirikan Bukalapak yang saat ini bervaluasi mencapai USD 2,5 miliar.

Menteri BUMN Erick Thohir memang pernah memberi bocoran soal direksi Telkom dari kalangan milenial. Katanya, direksi itu berusia di bawah 40 tahun.

"Salah satu direksinya nanti berusia di bawah 40 tahun," kata Erick Thohir dalam sebuah diskusi beberapa waktu lalu.

Erick menambahkan, bahwa sejak awal menjabat di BUMN, ia ingin 15 persen direksi perempuan dan 5 persen dari milenial. "Ini juga strategi membangun talenta muda. Apakah dengan magang, shortcourse, termasuk menghadirkan 30 persen CSR BUMN untuk penduduk," ujarnya.

Terdapat pula beberapa nama lain dari jajaran direksi yang baru. Berikut bocoran jajaran Direksi Telkom:

Direktur Utama: Ririek Adriansyah

Direktur Enterprise & Business Service: Edi Witjara

Direktur Consumer Service: Venusiana Papasi 

Direktur  Wholesale & International Service:  Dian Rahmawan

Direktur Keuangan: Herry Supriadi

Direktur Network & IT Solution: Herlan Wijanarko

Direktur Human Capital Management: Wandi

Direktur Strategic Portfolio: Budi Setiawan

Direktur Digital Business:  Muhammad Fajrin Rasyid 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sepak Terjang Ririek

Ririek menduduki posisi Dirut Telkom sejak 24 Mei 2020. Sebelum menduduki posisi tersebut, Ririek merupakan Presiden Direktur PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) yang merupakan anak usaha dari Telkom. Ririek menjadi orang nomor satu di Telkomsel sejak 2015 lalu.

Ririek merupakan lulusan Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1989. Sebelum menjadi Direktur Utama Telkomsel, sejumlah Ririek pernah menduduki sejumlah jabatan di Telkom dan Telkom Grup.

Ririek mengawali kariernya di Telkom sebagai Deputi EGM Divisi Infratel sejak 2004 hingga 2008. Kemudian dia menjadi Direktur International Carrier Service, Telin pada 2008 hingga 2010 dan Direktur Marketing & Sales, PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) pada 2010-2011.

Ririek pernah menempati posisi utama di PT Telin ketika menjabat sebagai Presiden Direktur anak usaha Telkom pada 2011 hingga 2012. Kemudian dia pun menjabat sebagai Direktur Wholesale & International Service (WINS) sejak Mei 2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.