Sukses

Curhat Sri Mulyani, Ingin Istirahat Setengah Hari Ketemu Cucu

Mengurusi keuangan negara membuat Sri Mulyani berpikir keras bahkan sampai bekerja 24 jam sehari selama satu minggu penuh.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani terus memutar otak dalam mengelola keuangan negara di tengah pandemi Corona ini. Bendahara negara ini harus mengatur keuangan negara yang terbatas untuk bisa memberikan jaminan kehidupan yang layak kepada warga negara.

Kondisi tersebut membuat Sri Mulyani Indrawati berpikir keras bahkan sampai bekerja 24 jam sehari selama satu minggu penuh. Dia bercerita terkadang, meminta waktu kepada Sekretariat Jenderal untuk memberi waktu untuk beristirahat sejenak.

"Saya kadang minta ke Pushaka (Sekjen), Saya bisa tidak setengah hari di Sabtu ini jangan diganggu. Saya hanya ingin duduk, kosongkan pikiran dan berdiam," ujarnya dalam town hall meeting dengan pegawai Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (19/6/2020).

"Saya bisa nggak setengah hari di Sabtu ini (bekerjanya) saya ingin ketemu cucu saya. Saya merasakan bekerja 7 hari 24 jam penuh," sambung Sri Mulyani.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Ekstra

Semenjak pandemi Virus Corona, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah harus bekerja ekstra dibandingkan dengan kondisi normal. Meski bekerja dari rumah namun tetap saja harus menyiapkan berbagai strategi ekonomi dengan melakukan rapat-rapat.

"Karena orang menganggap kalau dari satu meeting ke meeting lain nggak perlu travelling time, cuma pindah dari satu zoom to another zoom, padahal di Kemenkeu harus menyediakan bahan karena ada konsekuensi keuangan negara," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Keuangan Negara Berat

Dalam kesempatan itu, dia juga mengatakan, saat ini Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) menghadapi tantangan yang sangat berat. Salah satunya defisit yang mendekati 1,76 persen.

"APBN berubah luar biasa, bayangkan 2020 tadinya kita ini berharap APBN itu primary balance mendekati 0, sudah mulai sangat sehat di mana penerimaan dan belanja sudah mulai mendekat dan memiliki defisit hanya 1,76 persen dengan keseimbangan primer mendekati 0," jelasnya.

Peningkatan defisit tersebut, tak lain disebabkan oleh penggelontoran dana penanganan Covid-19 hingga Rp700 triliun sendiri. "Kemudian ada Covid-19 menyebabkan pengeluaran belanja, hampir Rp 700 triliun sendiri. Artinya keuangan negara mengalami tekanan sangat berat," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.