Sukses

Menko Luhut Sebut Amerika Serikat Bakal Relokasi Pabrik ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan banyak negara melirik Indonesia untuk merelokasi pabrik perusahaan asing. Saat ini Indonesia menempati urutan keempat dari negara-negara yang ada di dunia.

"Sekarang kita kan tujuan nomor 4 investasi dunia," kata Luhut dalam program Bincang Khusus di RRI, Jakarta, Senin, (25/5).

Singapura menjadi negara tujuan investasi nomor 1 di dunia saat ini. Meski begitu, Luhut tak khawatir lantaran Singapura memiliki luas wilayah yang lebih kecil dibandingkan Indonesia.

"Nomor 1 itu Singapura, tapi dia itu kan negara kecil, jadi biarlah," kata Luhut.

Salah satu negara yang akan kerja sama dalam merelokasi pabriknya yakni Amerika Serikat. Luhut mengaku sudah berbicara dengan Presiden Donald Trump terkait rencana kerjasama tersebut.

"Saya bicara dengan pembantu Presiden Trump dan dia setuju akan relokasi beberapa industri yang mereka tanam ke Indonesia. Itu kan pembicaraan yang baik," ungkap Luhut.

"Saya juga masih berkomunikasi dengan pembantu presiden di sana agar proyek itu bisa berjalan dengan baik," sambung Luhut.

2 dari 2 halaman

Pengadaan Alat Kesehatan

Hal lain yang memungkinkan untuk dilakukan kerja sama yakni pengadaan alat kesehatan dalam penanganan Covid-19. Sebab, Indonesia sudah bisa memproduksi PCR, rapid test kit dan sebagainya.

"Karena kita mengalami masa covid ini bersama-sama, mereka soal kesehatan juga agak repot juga kan, (makanya) Presiden (Jokowi) meminta kita untuk mengembangkan produk dalam bidang kesehatan termasuk itu industri," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com