Sukses

BRI Gandeng Platform Online Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Salurkan KUR Digital

Ini menjadi wujud nyata dukungan terhadap imbauan stimulus penanganan Covid-19 di platform e-commerce yang diinisiasi pemerintah, untuk meringankan beban UMKM.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus membuat terobosan baru, untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Terbaru, BRI sebagai salah satu enabler di industri digital Indonesia bekerja sama dengan ekosistem platform e-commerce dan ride-hailing untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Digital.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengungkapkan inisatif ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyukseskan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (14/5).

Sunarso mengatakan di tahap pertama, BRI bekerja sama dengan Shopee dan Grab untuk menyalurkan KUR kepada merchant UMKM secara digital. "Tahap selanjutnya, BRI akan bekerja sama juga dengan Tokopedia dan Gojek yang dimana saat ini di tahap finalisasi kerja sama."

Dengan KUR Digital BRI, merchant UMKM dapat dengan mudah mendaftarkan usahanya di microsite https://kur.bri.co.id/

"Inisiatif ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan KUR serta meningkatkan penyerapan KUR yang dapat membantu UMKM untuk terus bertahan di masa pandemi," tambah Sunarso.

Hingga akhir April 2020 Bank BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp43,2 triliun kepada 1,5 juta debitur di seluruh Indonesia.  Inisiatif ini disambut baik oleh platform digital yang bekerja sama dengan Bank BRI.

"Kami percaya penggunaan teknologi akan membawa dampak positif dan selalu berinovasi untuk menemukan cara lain dapat membantu mitra kami dalam menghadapi situasi pandemi saat ini. Kami bersyukur memiliki Bank BRI sebagai mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk membantu mereka yang terdampak dari situasi ini. Kami menyambut positif dukungan dari Bank BRI dalam memberi layanan kredit khusus bagi mitra Grab Indonesia. Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini," jelas Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

Christin Djuarto, Direktur Shopee Indonesia mengatakan bahwa kerja samanya dengan BRI menjadi solusi pembiayaan UMKM. 

"Ini sebagai wujud nyata dukungan terhadap imbauan stimulus penanganan Covid-19 di platform e-commerce yang diinisiasi pemerintah. Kerja sama antara Shopee dan BRI diharapkan dapat meringankan para mitra penjual kami, di tengah keadaan yang sulit ini. Kerja sama ini merupakan langkah lanjutan yang Shopee tempuh setelah sebelumnya merilis program stimulus Dukungan Covid-19 100M Shopee untuk para pelaku UMKM di platform kami. Namun kami yakin untuk dapat menjaga perekonomian Indonesia tetap berputar, diperlukan sinergi berkelanjutan dari pemerintah dan pihak swasta. Oleh karenanya, kami akan terus berupaya untuk terus menyediakan program yang dapat membantu sektor UMKM yang terkena dampak paling berat di tengah situasi  pandemi," kelas Christin. 

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menambahkan dalam masa pandemi Covid-19 ini, pengusaha UMKM kuliner yang tergabung sebagai merchant GoFood merupakan bagian dari populasi pekerja informal yang menjadi pertahanan untuk menjaga pertumbuhan roda ekonomi lokal.

"Kami berikan apresiasi kepada Bank BRI dan kami percaya kemitraan strategis ini dapat berdampak positif terhadap keberlangsungan usaha mitra kami, di tengah masa pandemi ini. Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra usaha GoFood, penyaluran KUR digital yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha mereka," imbuhnya.

"Selain bantuan dalam bentuk fasilitas pembiayaan, Bank BRI juga akan terus menciptakan inisiatif baru untuk mendukung keberlangsungan dan penyelamatan pelaku UMKM di Indonesia," tambah Sunarso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini