Sukses

Orang Terkaya Asia Mukesh Ambani Mampu Cetak Rp 120 Triliun dalam 3 Minggu

Harta Mukesh Ambani bertambah sejak jejaring sosial Facebook setuju untuk mengakuisisi hampir 10 persen perusahaan miliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder asal India Mukesh Ambani mampu mengantongi harga kurang lebih USD 8 miliar atau Rp 120 triliun (estimasi kurs 15.000 per dolar AS) dalam kurun kurang dari 3 minggu. Harta tersebut ia peroleh dari menjual saham perusahaan miliknya Jio Platforms.

Jio Platforms yang merupakan perusahaan teknologi terbesar di India mengumumkan pada hari Jumat lalu bahwa peruhsaaan investasi teknologi AS Vista Equity Partners akan membeli 2,3 persen saham seharga USD 1,5 miliar.

Ini adalah investasi ketiga yang Jio Platforms dapatkan dalam dua setengah minggu terakhir. Dalam kurun waktu tersebut, perusahaan tersebut telah mengumpulkan total USD 8 miliar untuk kumulatif dengan melakukan penjualan 13,5 persen saham.

Dilansir laman Forbes, Minggu (10/5/2020), harta Mukesh Ambani bertambah sejak jejaring sosial Facebook setuju untuk mengakuisisi hampir 10 persen saham untuk USD 5,7 miliar pada 22 April. Dan awal pekan lalu, perusahaan ekuitas swasta Silver Lake Partners juga telah mengumumkan akan mengakuisisi lebih dari 1 persen di Jio dengan USD 748 juta.

Pendiri Vista Equity Partners Robert Smith dan Brian Sheth, mengatakan bahwa perusahaan sangat senang untuk bergabung dengan Jio Platforms, di mana ia akan memberikan konsumen sebuah pengalaman modern di bidang perangkat lunak untuk mendorong masa depan ekonomi digital yang tumbuh paling cepat di dunia.

Diketahui, Vista Equity Partners adalah perusahaan investasi global terkemuka yang berinvestasi di perusahaan perangkat lunak, data, dan perusahaan yang mendukung teknologi dengan lebih dari USD 57 miliar dalam komitmen modal kumulatif.

Portofolio Vista mencakup perusahaan-perusahaan di India, di mana ia juga mendukung Akshaya Patra Foundation, sebuah organisasi nirlaba, yang menyediakan jutaan makanan untuk anak-anak sekolah India.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perusahaan Besar

Dengan 388 juta pelanggan, Jio telah menjadi mesin pertumbuhan Reliance yang merupakan induk perusahaann yang dimiliki oleh Mukesh Ambani, membantu, bersama dengan lengan ritel perusahaan yang tumbuh cepat, untuk mengimbangi penurunan harga minyak dan sektor petrokimia.

Sehingga total pendapatan tahunan perusahaan Ambani meningkat sebesar 5 persen menjadi USD 87,4 miliar dan melaporkan laba bersih USD 5,3 miliar pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2020.

“Rangkaian investor yang ingin bergabung dengan inisiatif transformasi digital paling menarik di dunia, Jio, hanya akan menjadi lebih besar dari waktu ke waktu,” kata CEO dan kepala portofolio manajer Prabhudas Lilladher, sebuah perusahaan pialang saham yang berbasis di Mumbai, Ajay Bodke.

Menurut Bodke, sangat penting adalah bahwa para investor ini diakui secara global sebagai pemimpin dalam teknologi.

Selain itu kepala penelitian ekuitas di SBICAP Securities Rajiv Sharma, menilai bahwa Vista umumnya berinvestasi di perusahaan teknologi pasar menengah, yang menawarkan produk perangkat lunak sebagai layanan.

Sesuatu yang dapat digunakan oleh toko-toko lingkungan yang dikunjungi Jio, melalui e-commerce-nya. marketplace JioMart, bekerja dengan mengelola penagihan dan inventaris mereka serta untuk kampanye promosi lokal.

"Jika Anda melihat produk JioMart dan visi di sana, investasi ini tidak mengejutkan, dunia tidak melihat ini datang, tetapi ini adalah pas untuk Vista,” kata Sharma.

Lanjut Sharma, kesepakatan Jio akan membantu mengurangi beban utang Reliance yang berat, yang mencapai USD 44,4 miliar.

Kendati begitu, Ambani yang memiliki kekayaanUSD 56 miliar atau Rp 840,4 triliun, mengatakan dia berkomitmen untuk mengurangi utang bersih Reliance menjadi nol pada 2021. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.