Sukses

Terbitkan Global Bond, Hutama Karya Peroleh Dana Segar Rp 9 Triliun

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) resmi menerbitkan instrumen obligasi global dalam mata uang dolar AS atau Global Bonds

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) resmi menerbitkan instrumen obligasi global dalam mata uang dolar AS atau Global Bonds pada Senin (4/5) sebesar USD 600 juta atau setara Rp 9 triliun (Kurs Rp 15.000 per Dolar AS).

Global bonds dengan jangka waktu 10 (sepuluh) tahun dengan kupon 3,75 persen ini, disambut antusias investor pasar di 3 Benua, diantaranya Asia sebesar 42 persen, Eropa, Timur Tengah dan Afrika sebesar 30 persen dan Amerika sebesar 28 persen.

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo menyatakan bahwa animo investor dari seluruh dunia ini terbilang cukup positif.

“Kita bisa lihat bahwa harga kupon Hutama Karya ini sangat kompetitif bahkan ditengah situasi cukup sulit ini,” ujar Bintang, Selasa (5/5/2020).

Lebih lanjut, Bintang menyampaikan bahwa ini merupakan pencapaian yang cukup baik bagi perusahaan, khususnya dalam kondisi pandemi seperti ini.

“Walaupun kita sedang berada di tengah masa sulit ekonomi akibat pendemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, namun kami masih bisa meraih kepercayaan dari investor dunia, bahkan berhasil mencatatkan hampir 5,8x oversubscribed,” jelas Dirut Hutama Karya tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Penerbitan

Hutama Karya menyadari bahwa proses penerbitan Global Bonds disaat seperti bukan hal yang mudah, dimana perusahaan harus melakukan optimalisasi terutama pada saat proses roadshow yang dilakukan perusahaan melalui metode Virtual Conference.

Hutama Karya menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selanjutnya yang menerbitkan surat utang dalam bentuk dolar AS, setelah beberapa BUMN lainnya telah sukses melakukan hal serupa seperti Pertamina, Jasa Marga dan PLN. Sebelumnya Hutama Karya juga disematkan peringkat Investment Grade atau Layak Investasi oleh 2 lembaga rating internasional Moody’s yaitu dan Fitch pada April lalu.

Hasil dari Global Bonds ini nantinya akan digunakan untuk mendukung Misi Hutama Karya dalam menyelesaikan mandat Pemerintah untuk membangun dan mengembangkan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) untuk ruas Binjai - Langsa, Bukit Tinggi - Padang, Pekanbaru - Bukit Tinggi, Indralaya-Muara Enim, Lubuk Linggau- Bengkulu dan ruas Sigli- Banda Aceh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.