Sukses

Layani Kebutuhan yang #diRumahAja, Anak Usaha KAI Luncurkan Aplikasi Lokomart

Banyak kemudahan dan manfaat yang ditawarkan Lokomart selama masa pandemi Covid-19 ini,

Liputan6.com, Jakarta Berbagai implementasi peraturan pemerintah di masa pandemi Covid-19 dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau  PT KAI. Salah satunya adalah membatalkan semua perjalanan kereta jarak jauh dan menengahnya.

Di sisi lain, KAI melalui anak perusahaannya yakni PT Reska Multi Usaha (RMU) juga turut andil memberikan inovasi agar masyarakat yang #dirumahaja tetap produktif dan sehat melalui layanan aplikasi Lokomart.

Lokomart merupakan aplikasi resmi RMU yang diluncurkan pada 15 Februari 2020 bertepatan dengan pembukaan Loko Coffee Shop Purwokerto. Pengembangan terus dilakukan RMU, salah satunya meluncurkan fitur layanan pesan antar pada 10 April 2020.

Acara peluncuran yang dilakukan via Zoom itu untuk mencegah adanya kerumunan dan keramaian. Acara tersebut diikuti oleh Suhono Harso Supangkat selaku Komisaris KAI, Edi Sukmoro selaku Direktur Utama KAI beserta jajarannya, Muhammad Sahli selaku PLT Direktur Utama RMU beserta jajarannya, dan seluruh perwakilan pekerja PT RMU dari Kantor Pusat hingga Branch Office 11 Medan.

"Lokomart merupakan aplikasi berbasis android yang dapat diunduh secara gratis melalui Playstore. Fitur layanan pesan antar ini membantu agar masyarakat tidak perlu keluar untuk membeli makanan, cukup memesan dari rumah saja. Saat ini, semua menu Loko Café maupun menu yang disajikan di perjalanan kereta api dapat dipesan melalui aplikasi Lokomart," Edi Sukmoro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur dan Layanan Lokomart

  1. Sub menu Anda di Loko bagi pengunjung yang datang langsung ke Loko Cafe tanpa perlu antre di kasir, cukup scan barcode.
  2. Sub menu #dirumahaja untuk layanan pesan antar ke rumah
  3. Sub menu Catering apabila ingin memesan menu catering dengan porsi keluarga
  4. Jam pengantaran yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan
  5. Pembayaran secara cashless dengan LinkAja dan Gopay
  6. Fitur Promo yang hanya dapat diakses melalui Lokomart
  7. Data dan informasi mengenai aplikasi Lokomart

 

3 dari 3 halaman

Cara Gunakan Aplikasi Lokomart

  1. Masuk ke Aplikasi Lokomart, pengguna akan diarahkan terlebih dahulu untuk registrasi dengan mengisi data nama dan alamat email
  2. Setelah log in, pengguna dapat memilih sub menu sesuai kebutuhan, baik saat sedang ada di Loko Cafe, #dirumahaja untuk layanan pesan antar, Catering untuk layanan catering dalam jumlah banyak, dan lain sebagainya
  3. Apabila ingin memesan layanan Catering, maka pengguna akan diarahkan chat dengan petugas di WA Center PT RMU untuk membantu langsung pemesanannya
  4. Apabila memilih layanan pesan antar #dirumahaja maka akan muncul lokasi Loko Cafe, Reskapau, atau Loko Cafe yang terdekat dari lokasi pengguna (dalam radius maksimal 10 Km) yang dapat dipilih sesuai keinginan
  5. Setelah memilih jarak Loko Cafe terdekat, akan muncul menu-menu makanan yang dapat dipilih dan jumlah yang dapat diisi sesuai keinginan pengguna dan masukkan ke keranjang
  6. Setelah selesai order maka akan ada rincian pemesanan dan konfirmasi alamat pengantaran, jika sudah tepat lanjutkan ke pembayaran
  7. Di dalam menu pembayaran akan ada pembayaran Cashless melalui LinkAja atau GoPay yang masing masing akan terkoneksi dengan aplikasi LinkAja atau GoPay di smartphone pengguna
  8. Akan ada notifikasi sukses setelah pembayaran berhasil dan dapat dicek melalui sub menu Transaksi untuk melihat history transaksi

Edi menambahkan, dengan kemudahan dan manfaat yang ditawarkan Lokomart selama masa pandemi Covid-19 ini, diharapkan dapat menjadi alternatif dan membantu masyarakat, apalagi yang rindu dengan makanan di kereta api ataupun Loko Cafe namun tidak dapat bepergian.

"Hingga 28 April 2020, jumlah total user aplikasi Lokomart sebanyak 5.915 user yang telah melakukan registrasi dan 596 user yang aktif melakukan transaksi," ujar Edi.

Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif dan membantu masyarakat untuk tetap dapat menikmati makanan favorit walau di rumah saja karena pesanan akan langsung diantar ke rumah. Pesanan akan diantarkan oleh pramugari atau pramugara kereta yang bertugas, dengan tetap memperhatikan ketentuan keselamatan dan keamanan dalam berinteraksi sesuai protokol pencegahan Covid-19.

RMU mewajibkan petugas pengantaran untuk mencuci tangan sebelum dan setelah pengantaran, serta melengkapi mereka dengan menggunakan APD berupa sarung tangan dan masker. Pembayaran yang hanya dilayani secara cashless juga bertujuan untuk mengurangi interaksi yang tidak diperlukan.

Layanan pesan antar makanan melalui aplikasi Lokomart ini dapat dilayani di Loko Café berikut ini: Loko Café Bandung (Pintu Utara Stasiun Bandung); Loko Café Surabaya (Stasiun Kereta Api Gubeng Baru); Loko Café Yogyakarta (Jl. Ps. Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta); dan Loko Café Jakarta (Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Manggrai).

Melalui aplikasi Lokomart, konsumen juga berpeluang mendapatkan aneka promo makanan dan minuman. Untuk saat ini, pengguna selain Android yang tetap ingin memesan dapat mengakses website www.lokomart.id dengan fitur yang kurang lebih sama dengan tambahan dapat memesan untuk orang yang bahkan beda kota sekali pun. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.