Sukses

Menteri Teten Luncurkan Program Pelatihan E-learning untuk Koperasi dan UKM

Kementerian Koperasi dan UKM yang hendak mengakses materi e-learning bisa mengunjungi situs web edu.kukm.id.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan program pelatihan e-learning untuk koperasi dan UKM agar dapat meningkatkan skill dan kemampuan mereka meskipun pandemi Corona tengah mewabah.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan, pelatihan yang biasanya dilakukan tatap muka digeser dengan metode e-learning demi menjaga protokol kesehatan untuk mencegah Corona.

"Materi pelatihan ini harus disusun dengan kebutuhan saat ini UMKM menghadapi masalah besar karena Covid-19. Pelatihan kita harus digeser jadi online supaya menjaga protokol Covid-19," kata Teten membuka peluncuran program e-learning, Kamis (30/4/2020).

Lanjut Teten, nanti akan tersedia beragam pelatihan yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini. Contohnya, di tengah pandemi, produksi alat kesehatan meningkat, sehingga nanti materi pelatihan bisa disesuaikan dengan potensi bisnis baru tersebut.

"Nah, pelatihan ini nanti diarahkan supaya mereka bisa banting setir untuk bisa bisnis baru seperti pelatihan bikin APD, hand sanitizer, minuman herbal dan lainnya," kata Teten.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungi edu.kukm.id

Untuk koperasi dan UKM yang hendak mengakses materi e-learning bisa mengunjungi situs www.edukukm.id. Tersedia berbagai modul pelatihan dan video tata cara yang dapat dipelajari dan dimanfaatkan.

Sementara sebelumnya, Kemenkop UKM juga sudah menggelontorkan beragam stimulus untuk membantu UMKM bertahan hidup, mulai dari relaksasi pembiayaan hingga pembebasan pajak sementara. Bahkan, untuk UMKM yang tidak mendapatkan permintaan pasar akan diusulkan untuk mendapatkan bantuan sosial (bansos).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.