Sukses

Ada Gangguan, Token Listrik Gratis via WhatsApp Bisa Diakses Normal pada 6 April 2020

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) akan membebaskan tagihan listrik bagi golongan pelanggan 450 VA selama tiga bulan ke depan. Selain itu, PLN juga memberikan diskon 50 persen untuk tagihan listrik pada golongan 900 VA bersubsidi.

Para pengguna listrik prabayar (token) untuk golongan 450 VA dan 900 VA bisa mengakses kode voucher untuk mendapat potongan harga lewat berbagai media, salah satunya WhatsApp.

Wakil Direktur PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, kode voucher bisa didapatkan melalui WhatsApp dengan cara mengontak 08122123123 yang merupakan nomor layanan PLN di aplikasi tersebut.

"Di situ ketik apa saja, langsung akan mendapatkan balasan kemudian dimasukan id pelanggan. Dari id pelanggan akan ada kode token listrik gratis yang bisa dimasukan ke kWh meter untuk dapatkan gratis atau diskon," tutur dia dalam sesi teleconference, Jumat (3/4/2020).

Namun, ia mendapat laporan bahwa sejumlah pelanggan mengeluh kesulitan mendapat token listrik gratis via WhatsApp lantaran nomor yang tertera tidak memberikan respons.

Menurutnya, itu disebabkan server WhatsApp yang saat ini sedang dalam masa perbaikan.

Darmawan pun meminta pelanggan bersabar, dan menargetkan layanan PLN via WhatsApp akan dapat mulai beroperasi normal pada Senin pekan depan.

"Itu bukan dari PLN, tapi dari WhatsApp yang lagi upgrade aplikasinya. Makanya nomor WhatsApp itu Insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin, tapi saat ini masih dalam perbaikan dari server WhatsApp dan Facebook," terangnya.

 

2 dari 2 halaman

Akses Lain

Selain di WhatsApp, konsumen juga bisa mengakses situs resmi www.pln.co.id untuk mendapat kode voucher listrik gratis. Dalam website tersebut, konsumen bisa masuk ke dalam menu Pelanggan, lalu memilih submenu Stimulus Covid Pelanggan.

"Masukan id pelanggan atau nomor meternya, kemudian masuk ke nomor listrik gratis. Begitu token listrik gratis didapatkan, masukan ke kWh meter agar dapat gratisan atau diskonnya," imbuh dia.

Namun begitu, ia memperingatkan, tak semua pengguna listrik bisa mendapat kode voucher tersebut, khususnya bagi pelanggan untuk golongan 900 VA.

Darmawan menghimbau konsumen golongan 900 VA untuk lebih dulu mengecek struk pembelian token yang dimilikinya.

"Pertama, mohon lihat struknya pada saat membeli token. Jika di sana kodenya ada R1M, artinya mampu, itu berarti meski 900 VA tapi mohon maaf saat ini tidak eligible untuk dapatkan diskonnya," ujar Darmawan.