Sukses

Dikabarkan Ada Penumpang Positif Corona, AirAsia Hentikan Operasional Pesawat

AirAsia menginstruksikan seluruh awak kabin yang bertugas dalam penerbangan QZ 556 untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan dan melakukan karantina pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia memastikan telah melakukan penanganan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah dan juga organisasi kesehatan internasional. Langkah ini menanggapi informasi adanya penumpang penerbangan QZ 556 tujuan Kuala Lumpur dari Bali yang diduga positif Corona.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga menjelaskan, perusahaan telah memantau perkembangan informasi terkait penumpang penerbangan QZ 556 tujuan Kuala Lumpur dari Bali pada tanggal 19 Maret 2020. AirAsia juga tengah melakukan koordinasi lebih lanjut dengan otoritas terkait.

"Dapat dikonfirmasi bahwa seluruh penumpang dalam penerbangan tersebut telah melalui proses pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki pesawat dan tidak ditemukan adanya penumpang yang menunjukkan gejala sakit," jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (25/3/2020).

Sebagai langkah inisiatif pencegahan dan sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, AirAsia telah menginstruksikan seluruh awak kabin yang bertugas dalam penerbangan itu untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan dan melakukan karantina pribadi.

"Sejak informasi terkait kami terima, pesawat yang digunakan pada penerbangan tersebut juga telah berhenti dioperasikan dan sedang dalam penjadwalan untuk proses pembersihan dengan cairan desinfektan," tutur dia.

AirAsia selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan penumpang dan karyawannya, serta mematuhi imbauan dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat serta organisasi kesehatan internasional.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Heboh di Twitter

Sebelumnya sempat viral di media sosial bahwa salah satu penumpang AirAsia penerbangan QZ556 yang positif terinfeksi virus Corona. Penumpang tersebut melakukan penerbangan tujuan Kuala Lumpur dari Bali pada tanggal 19 Maret 2020.

Kabar tersebut disampaikan oleh akun twitter @meinmokhtar pada 24 Maret 2020. Berikut tulis akun tersebut:

"Tolong hebahkan ke yang lain. Ayah kawan saya @arepjunaidi didapati positive Covid 19. Currently arep and other family members tengah pergi cek dekat klinik. Siapa yang naik flight AirAsia Indonesia QZ556 DPS-KUL 19.03.2020. Minta diaorg pergi buat test Covid-19."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.