Sukses

Pembangunan Fisik Tol Manado-Bitung Capai 81 Persen

Tol Manado-Bitung merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN) bertujuan untuk mengurangi biaya logistik.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan, Tol Manado-Bitung (Mabit) dapat beroperasi sepanjang 26 km pada April 2020. Sebagai catatan, total panjang keseluruhan dari ruas tol ini 39,9 km.

"Saya harap April 2020 ini Tol Mabit sudah bisa beroperasi sepanjang 26 km dari Manado hingga Danowudu," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (3/3/2020).

Tol Manado-Bitung merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN) bertujuan untuk mengurangi biaya logistik yang berasal dari Pelabuhan Internasional Bitung. Keberadaan tol ini juga akan mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Ruas Tol Manado Bitung ini tidak hanya terkoneksi untuk pelabuhan dan KEK Bitung serta Tanjung Pulisan-Likupang saja, tetapi juga sebagai pendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Manado-Bitung–Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh.

Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 km terdiri dua seksi, yakni Seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi sepanjang 14 km yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Pembangunannya sudah rampung 100 persen.

Sedangkan untuk Seksi 2 Airmadidi-Bitung sepanjang 25 km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung. Pengerjaannya terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 2A Airmadidi–Danowudu (11,5 km) progresnya 98,17 persen, dan Seksi 2B Danowudo–Bitung (13,5 km) progresnya 45,28 persen.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembebasan Lahan

Adapun secara keseluruhan, pembebasan lahan Tol Manado-Bitung saat ini telah mencapai 98,56 persen, dan pembangunan fisik mencapai 81 persen.

Total kebutuhan anggaran pembangunan Tol Mabit sebesar Rp 6,17 triliun, dimana pendanaan pemerintah untuk konstruksi Seksi 1 sebesar Rp 3 triliun dan investasi BUJT untuk Seksi 2 sebesar Rp 3,17 triliun.

Kehadiran tol ini akan memangkas waktu tempuh Manado ke Bitung dan sebaliknya, dari saat ini sekitar 90 menit menjadi sekitar 30 menit. Selain itu juga diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di jalan arteri yang sudah mulai mengalami kepadatan arus kendaraan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.